Genjot Produksi Pertanian,Distan Tanbu Datangkan Puluhan Alsintan

0
161
Batulicin,wartatanbu.co.id – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) berkomitmen untuk meningkatkan hasil pertanian di daerah ini, diantaranya dengan dukungan alat dan mesin pertanian.
Dinas Pertanian (Distan) Tanah Bumbu belum lama tadi telah mendatangkan sekitar 58 unit alat mesin pertanian (Alsintan) bantuan dari pemerintah.
Alsintan tersebut merupakan program anggaran usulan yang sempat tertunda pada tahun 2020 lalu akibat pemulihan ekonomi masyarakat terdampak Covid-19.
” Alsintan yang datang tersebut jumlahnya ada 58 unit sempat tertunda akibat Covid-19 tahun lalu,” ungkap Kepala Dinas Pertanian Tanah Bumbu, Faurazi Akbar melalui Kabid Sarana dan Prasarana, Erwin Novikar di Batulicin.
Erwin menyebutkan, adapun alsintan yang datang itu diantaranya 20 unit traktor roda 2 rotary, 30 unit traktor bajak roda dua, 4 dan combine hasvester berjumlah 3 unit serta 5 unit traktor roda 4.
Puluhan alat pertanian ini nantinya akan dipergunakan sesuai peruntukan diantaranya untuk pertanian persawahan serta tanaman pangan lainnya.
“Pada intinya untuk membantu percepatan ptoses tanam dan panen para petani di Tanah Bumbu,” tambah Erwin
Terkait pemanfaatan alsintan tersebut tambah Erwin, nantinya bisa dipakai pada berbagai situasi baik musim hujan ataupun panas.Juga tergantung ketua Gapoktan mengusulkan peminjaman alatnya kepada Distan Tanah Bumbu melalui permohonan kepada Brigade Alsintan yang dibentuk sebagai verifikator pelayanan masyarakat khususnya petani.
Keberadaan Alsintan itu sebagai pelaksanaan program pemerintah terhadap pengembangan serta peralihan teknologi pertanian dari tradisional ke modern. Modernisasi alat pertanian sangat membantu dan menguntungkan petani.
” Petani lebih mudah dalam melakukan usaha pertanian, sejak dari tanam hingga panen yang dampaknya dirasakan juga oleh pemerintah, karena bisa mendapatkan jaminan stok kebutuhan pangan melimpah dari petani,” tutupnya
*Zd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here