Genjot PAD, BPPRD Tanbu Maksimalkan 9 Sektor Pajak

0
39
Batulicin – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) terus berupaya menggenjot penerimaan pajak daerah.
Kepala BPPRD Tanah Bumbu, Suhaldi menyebutkan, ada 9 jenis pajak yang diharapkan mampu mendongkrak pendapatan daerah.
Adapaun jenis pajak yang dimaksud diantaranya pajak bumi dan bangunan (PBB),pajak mineral bukan logam dan batuan, pajak katering,dan pajak reklame. Selain itu, ada juga  pajak air dalam tanah, pajak parkir, pajak sarang burung walet dan pajak lainnya.
Untuk mendapatkan pencapaian pajak secara maksimal pihaknya akan dilakukan evaluasi terhadap pajak-pajak yang ditangani tersebut, mengingat banyaknya masyarakat yang perlu didorong untuk meningkatkan kesadaran membayar kewajibannya.
“Implementasi sektor pajak hingga saat ini tetap berjalan dengan orientasi mengejar ketertinggalan dari sebelumnya, yakni melibatkan banyak pihak untuk menyusun jaringan serta terus melakukan pendataan,” terangnya
Menurutnya,salah satu potensi pajak pendapatan pajak yakni pengelolaan sarang burung walet di Tanah Bumbu. Dimana hingga saat ini banyak bangunan sarang burung walet yang tidak mempunyai izin, sehingga tidak bisa dilakukan penarikan pajak.
” Jika pengelolaan tersebut telah memiliki izin, maka kewajiban dalam perpajakan harus dipenuhi yang termasuk dalam 2 pajak, yakni terhadap pajak bumi dan bangunan serta pajak sarang burung walet,”imbuhnya
Suhaldi menegaskan, bagi masyarakat yang belum membuat perizinan akan diberikan kesempatan terlebih dahulu dengan waktu yang ditentukan yaitu 3 sampai 4 bulan untuk melaporkan bangunan.
Disamping itu, sosialisasi akan dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.
“Kemudian jika dalam waktu yang ditentukan, yang bersangkutan belum mengindahkan teguran, maka akan di lakukan tindak lanjut sesuai sanksi yang berlaku,” imbuhnya
Untuk memaksimalkan perpajakan, BPPRD bekerja sama dengan berbagai dinas diantaranya Dinas PMPTSP, Satpol PP dan Damkar, serta Dinas Lingkungan Hidup.
Disampaikannya, inovasi saat ini masih berjalan sesuai dengan program yang ada, yang mana selanjutnya akan dilakukan di tempat-tempat tertentu untuk dipasangkan mesin perekam dengan tujuan mempermudah dalam melaporkan terkait perpajakan. *
*Rsb

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here