Gelar Sosialisasi Perlindungan Perempuan dan Anak Kemenkumham Kalsel Gandeng LBH UWK

0
259
Banjarmasin,WTOL – Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalsel bekerjasama dengan Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum (LBH) Untuk Wanita dan Keluarga (UWK) menggelar sosialisasi Penyuluhan hukum dengan tema “Perlindungan Perempuan dan anak”
Kegiatan berlangsung di Aula Kanwil Kemenkumham Kalsel,Kamis (28/02/19) diikuti 23 peserta yang terdiri dari pegawai perhotelan. Sosialisasi dihadiri Kabid Yankum, Riswandi, Penyuluh Hukum Muda, Arpah.
Yurliani selaku narasumber menyampaikan materi Undang-Undang nomor 1 tahun 1974 Tentang perkawinan & Undang Undang No 23 tahun 2004 tentang KDRT
Dalam sambutannya Riswandi mengatakan kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi rekan yang bekerjasama dengan pelaksanaan kanwil yang menjadi suatu kewajiban dalam mensosialisasikan hal-hal yang penting dan perlu diketahui oleh masyarakat dan untuk perhotelan pada khususnya.
Sementara itu Yurliani dalam penyampaian materi pada kegiatan ini terkait perkawinan dan permasalahannya,menyampaikan,persoalan perkawinan dini tidak jarang menimbulkan persolana baru yakni kemiskinan yang struktural dan terus menerus karena ketidaksiapan secara ekonomi dan psikologi serta menimbulkan persoalan baru.
Belum lagi menurut dia apabila ternyata mereka yang belum berusia 16 thn (Perempuan) dan 19 tahun (Laki laki) maka orang tua dari mempelai harus mengajukan permohonan dispensasi ke pengadilan untuk dapat melangsukan perkawinan (pasal 7 ayat 2 UUP
“Sorotan luar biasa negara kita sedang mengkampanyekan penghapusan perkawinan usia anak di bawah 16 tahun.Kalimantan Selatan menjadi salah satu wilayah tertinggi dengan usia prkawinan anak yang kurang dari usia dewasa”, katanya.
Penyampaian materi selanjutnya oleh Arpah tentang penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga, dan ditutup oleh tanya jawab oleh peserta.
Hms kwl/wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here