Gedung Balai Penyuluh KB Kecamatan Satui Diresmikan

0
81

Batulicin,Wartatanbu.co.id
– Balai Penyuluh Keluarga Berencana (KB) Dinas Keluarga Berencana Dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Tanah Bumbu yang berada di Kecamatan Satui diresmikan penggunaannya.
Peresmian gedung baru Balai Penyuluh KB itu diresmikan penggunaannya secara simbolis dengan penandatanganan prasasti oleh Camat Satui Heri Kurbiansyah didampingi Kepala Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Narni,SKM,M.Kes beserta  unsur Forkopimda Kecamatan Satui,Selasa (27/10/20)
Dengan diresmikannya gedung baru Balai Penyuluhan KB ini semakin mendukung fungsinya sebagai pusat pengendali operasional lapangan dan sarana pendukung tugas dan fungsi penyuluh KB. 
Kepala Dinas KBP3A Kabupaten Tanah Bumbu, Hj Narni,SKM,M.Kes dalam kesempatan itu menyampaikan, penyuluhan program Keluarga Berencana (KB) tidak hanya pada pembatasan anak tapi bagaimana menciptakan keluarga yang tangguh dan sejahtera.
Dikatakan,Keluarga harus memperhatikan delapan fungsi keluarga terutama fungsi agama.
“Program KB tidak hanya membatasi kelahiran anak maksimum dua,namun juga bagaimana memperhatikan pertumbuhan anak sejak dari kandungan hingga tumbuh sehat dan cerdas,” ucap Narni
Narni berharap,dengan adanya balai penyuluhan KB ini diharapkan semakin bisa menciptakan keluarga yang berkualitas.
Melalui keluarga yang berkualitas,lanjutnya diharapkan juga akan tercipta tumbuh anak yang berkualitas yang akan berdampak pada peningkatan sumberdaya manusia di Kabupaten Tanah Bumbu.
“Dengan adanya Balai Penyuluhan KB ini saya berharap penyuluh lapangan KB dapat lebih maksimal dalam bekerja memberikan penyuluhan KB kepada masyarakat,” tuturnya. 
Gedung tersebut akan bisa menjadi pusat penyuluhan kepada masyarakat. Dengan berfungsinya balai ini diharapkan bisa memberikan manfaat yang maksimal bagi kecamatan yang dilayani.
Ia menambahkan masyarakat harus bisa memanfaatkan gedung tersebut untuk mendapatkan informasi terkait program keluarga berencana.
Ia juga meminta,penyuluh KB dapat berkolaborasi dengan OPD terkait termasuk juga posyandu dan PKK.
“Petugas penyuluh KB juga harus terampil dan bisa memberikan kebutuhan masyarakat,” pungkasnya.
Sementara itu Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor dalam sambutannya dibacakan Camat Satui Heri Kurbiansyah berharap dengan kehadiran gedung baru balai KB ini pelaksanaan program KKBPK dapat terealisasi secar utuh dan terintegrasi yang dikelola dan diselenggarakan oleh dan untuk masyarakat dalam mewujudkan keluarga berkualitas.
“Balai ini berkaitanerat dengan pengembangan prioritas bidang kependudukan dan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dalam meningkatkan kualitas hidup masyarkat,” pungkasnya
Dalam kesempatan itu diserahkan juga secara simbolis Paket BKB Skit Stunting BKKBN.
Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here