Festival Ketupat Balamak Meriahkan HUT ke-12 Desa Al-Kautsar Satui.

0
91

Batulicin,WTol
– Festival Ketupat Balamak antar RT mewarnai perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-12 Desa Al-Kautsar,Kecamatan Satui.
Festival berlangsung di Lapangan Sepakbola An Nur Desa Al-Kautsar, Kamis (23/1/20) siang.
Sebanyak 11 peserta festival ketupat berhasil masuk nominasi penilaian dengan tiga kriteria yakni cita rasa, kreativitas dan penyajian.
Beragama kreasi ketupat yang dihiasi berbagai model itu diantaranya dengan tema kapal layar,rumah adat bali, rumah joglo, rumah banjar,gapura dan lainnya.
Masing-masing peserta terlihat maksimal untuk menampilkan kreasi terbaiknya.
” Keikutsertaan kami sebagai bentuk semangat untuk memeriahkan HUT desa sekaligus solidaritas untuk menampilkan kesan terbaik RT nya berkontribusi membangun desa,” ungkap Sholikin,Ketua RT 09.
Ia mengatakan, konsep ketupat yang dihiasinya itu dikerjakan satu malam penuh dan nyaris tanpa istirahat.
Menambah keunikan desain ketupat bermodel rumah bali yang tak lupa disertakan juga kembang kamboja sebagai simbol aslinya.
Senada dengan itu,Kepala Desa Al-Kautsar, Daswadji menyampaikan, digelarnya Festival Ketupat Balamak adalah kesepakatan bersama dengan tokoh pendiri desa yeng bertujuan untuk menampilkan corak budaya yang berbeda-beda dalam bentuk lomba setiap tahun.
Daswadji berharap,festival ketupat balamak nantinya mendapatkan perhatian dari Pemkab Tanah Bumbu melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Dusporapar) untuk terus dikembangkan dan dilestarikan.
Sementara itu, Camat Satui, Hery Kurbiansyah memberikan apresiasinya atas konsep acara HUT Desa Al-Kautsar ke-12. Dikatakan,rangkaian kegiatan tersebut cukup membanggakan, karena menampilkan kolaborasi perpaduan kearifan lokal.
” Ini unik perpaduan antara tumpeng produk khas masyarakat jawa yang dipadukan dengan katupat balamak khas banjar,” katanya.
Pemerintah Desa Al-Kautsar secara istimewa mempersiapkan acara dengan menghadirkan 12 tumpeng. Jumlah 12 merupakan simbol 12 tahun usia Desa Al-Kautsar Kecamatan Satui.
Hasil penilaian tim juri meneuapkan,ketupat balamak berkonsep rumah bali milik Sholikin dari RT 09 keluar sebagai juara pertama, disusul juara kedua diraih RT 07 yang mengusung tema kapal layar dan RT 06 dengan tema ketupat al-kautsar sebagai juara ketiga.
*zhd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here