Besok,Menkum Ham Yasonna Laoly Akan Tinjau Lapas Batulicin.

0
210

Batulicin,WTol
– Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemenkumHAM) Yasonna Laoly dijadwalkan akan meninjau pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Batulicin pada Jum’at (7/2/20)
Kunjungan Menkum Ham tersebut disela sela menghadiri peringatan Hari Pers Nasional ( HPN) 2020 di Banjarmasin,7-9 Pebruari 2020.
Persiapan penyambutan kunjungan Menkum Ham sudah mulai terlihat dilokasi pembangunan Lapas Batulicin di Desa Sei Bubuh,Kecamatan Kusan Hilir.
” Terkait persiapan kita sudah koordinasi dengan Pemda,sesuai rundown kunjungan yang kita terima besok dari Banjarmasin beliau langsung menuju Batulicin dan dijadwalkan tiba di Lapas ini sekitar pukul 14.30 Wita ,”Kata Indra,Kepala Balai Pemasyarakatan,Kamis (6/2/20)
Sebelumnya disebutkan,Pemprov Kalsel akan menandatangani MOU bersama atas usulan pembangunan Lembaga Permasyarakatan baru di Kalsel.
MOU untuk pembangunan Lapas di Kalimantan Selatan akan ditanda tangani bersama dalam acara puncak HPN. 
Baca Juga : Kukuhkan Kades,Sudian Noor Minta Pembangunan Desa Dan Kabupaten Sejalan.
Baca Juga : Bupati Tanbu Terima Dokumen Kajian Resiko Bencana Dari BNPB
Kondisi lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan) di Kalimantan Selatan hampir seluruhnya melebihi kapasitas dan sudah tidak layak huni karena padatnya penghuni.
Oleh karena itu moment HPN 2020 akan ditandatangani MOU pembangunan lapas baru yang sudah disepakati Pemprov Kalsel dan legislatif.
Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Agus Toyib telah beraudiensi dengan Ketua DPRD Provinsi, Supian HK yang prihatin dengan kelebihan kapasitas saat ini di lapas dan rutan yang ada. 
Menurut Supian, tak hanya lahan untuk dihibahkan, pihaknya juga siap mengupayakan pembangunan fisik lapas atau rutan baru. Legislatif akan melakukan pertemuan terlebih dahulu dengan Komisi I dan pihak eksekutif untuk membahas jika anggarannya masuk dalam APBD Murni 2020 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here