Dua Kampung KB di Kuranji Layak Jadi Percontohan.

0
100
Batulicin,WTol – Didampingi Ketua TP PKK Kecamatan Kuranji, Camat Kuranji, Samsir, SE. M.AP membuka pertemuan Forum Musyawarah Tingkat Desa Kampung KB Desa Karang Intan,Kecamatan Kuranji, Kamis (20/2/20) di Gedung Seni Budaya dan Olah Raga Desa Ringkit.
Pertemuan dihadiri oleh Pengurus Kampung KB Kabupaten Tanah Bumbu, Drs. H. Muhammad Idjra’i dan unsur pejabat lainnya.
Forum Musyawarah Kampung KB tingkat desa merupakan tindak lanjut dari pembinaan Kampung KB secara kontinue Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Tanah Bumbu.
Dalam pertemuan ini,camat Kuranji ,Samsir menyampaikan,untuk meningkatkan kegiatan di kampung KB, peran serta masyarakat sangat diperlukan untuk kesinambungan kegiatan dan tercapainya cita-cita Kampung KB dalam meningkatan kualitas hidup masyarakat terutama di daerah pedalaman seperti desa-desa di Kecamatan Kuranji.
“Berkat peran serta dan semangat gotong royong dan persatuan dari masyarakat secara berkesinambungan, bukan suatu kemustahulan bagi kita untuk tercapainya cita-cita Kampung KB yang baik di tengah-tengah masyarakat kita” papar beliau.
Di Kecamatan Kuranji terdapat dua lokus Kampung KB yaitu Desa Giri Mulya dan Desa Karang Intan.
Dari kedua Kampung KB tersebut, terdapat beberapa kegiatan yang sudah berjalan dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, diantaranya Bidang keagamaan dengan meningkatnya kesadaran masyarakat dibidang keagamaan seperti Pengajian, shalat berjamaah di mesjid, dan dibentuknya Ikatan Remaja Mesjid.
Dibidang sosial yaitu adanya sosialisasi bahasa Ibu kepada masyarakat,bidang Perlindungan, yaitu adanya fasilitasi dari dinas Catatan Sipil untuk pembuatan akta kelahiran, KK dan perekaman KTP secara masal.
Selain itu, dilakukan pendataan bagi masyarakat kurang mampu yang belum mempunyai KIS (berkoordinasi dengan Dinas Sosial)
Bidang Pendidikan, telah adanya Sudut baca di kampung KB dan telah mendapat bantuan buku-buku bacaan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan.
Bidang Reproduksi yaitu telah dilaksanakannya sosialisasi kesehatan Reproduksi kepada remaja oleh Dinas KB dan Dinas Kesehatan serta dibentuknya Pusat Infosrmasi dan Konseling Remaja (PIK-R) di Kampung KB.
Bidang Ekonomi yaitu dibentuknya kelompok UPPKS dan Kelompok Wanita Tani.
Bidang Lingkungan, yaitu dilakukan pemanfaatan pekarangan rumah, Pengelolaan sampah dimulai dengan pemisahan sampah organik dan anorganik serta di buatnya Bank sampah yang dikelola oleh remaja pengurus PIK-R di kampung KB.
Kampung KB merupakan keterpaduan program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dan pembangunan sektor terkait yang dilaksanakan secara sistemik dan sistematis.
Kampung KB dicanangkan pertama kali oleh Presiden Joko Widodo di kabupaten Cirebon Jawa Barat pada tanggal 14 Januari 2016.
Kampung KB bukan hanya melibatkan Dinas KB saja, namun juga melibatkan seluruh Dinas intansi terkait untuk bersama-sama meningkatkan kualitas hidup masyarkat terutama masyarakat yang berada di daerah-daerah pinggiran, perbatasan, terpencil dan wilayah nelayan.
Ruang lingkup pelaksanaan kampung KB, antara lain Kependudukan, Keluarga Berencana, Ketahanan Keluarga dan Pemberdayaan Keluarga, serta kegiatan lintas sektor ( bidang pemukiman, sosial ekonomi, kesehatan, pendidikan, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak).
Kampung KB bertujuan mengentaskan kemiskinan, terbinanya peserta KB aktif, mengaplikasikan 8 fungsi keluarga, dan koordinasi lintas sektor serta isu yang sedang hangat adalah Penanganan Stunting.
Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here