Dua Desa Binaan PT BIB Diproyeksikan Jadi Percontohan Desa Kreatif 2021

0
247
Batulicin, Wartatanbu.co.id – PT Borneo Indo Bara (BIB) mewujudkan komitmen mendukung penuh program pemerintah dalam pengembangan 1000 desa kreatif 2021.
Untuk mewujudkan hal itu, PT BIB bersama Tim Kementerian terkait saat ini tengah melaksanakan survei pembinaan terhadap dua desa binaan perusahaan yang berada di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan.
Seperti diungkapkan Senior Manager Corporate Social Responsibility PT BIB,Dindin Makinudin. Dikatakan,pihaknya saat ini tengah melakukan survei proyek percontohan desa kreatif untuk zona Kalimantan di Kabupaten Tanah Bumbu.
” Hari ini Tim Kementerian melakukan survei di Desa Sumber baru Kecamatan Angsana,” ujar Dindin, Jum’at (18/6/21) pagi.
Disebutkan, selain Sumber baru,desa di Kabupaten Tanah Bumbu yang telah dilakukan proses survei program pengembangan desa kreatif tahun 2021 adalah Desa Mustika di Kecamatan Kuranji.
” Masih banyak potensi desa yang bisa dikembangkan. Kita berharap Desa Sumber Baru ini bisa menghadirkan sesuatu yang berbeda dari desa lainnya,”imbuhnya
Survei program percontohan desa kreatif dilakukan oleh Tim terdiri dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral,Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi serta Lembaga Administrasi Negara (LAN).
Seperti diketahui, Desa Sumber Baru di Kecamatan Angsana Tanah Bumbu Kalsel, merupakan salah satu desa binaan PT Borneo Indo Bara.
“Ekonomi kreatif,konsepnya ramah lingkungan dan pemberdayaan masyarakat lokal,”pungkasnya
Desa Sumber baru juga memiliki potensi pengembangan agrowisata dengan dukungan ketersediaan lahan pertanian dan perkebunan yang cukup luas untuk dikembangkan.
Kemandirian desa Sumber baru tak terlepas dari dukungan pihak ketiga dalam hal ini sebagai binaaan PT Borneo Indo Bara.

Pengembangan padi organik yang dilakukan sejak tahun 2018 hingga 2021 ini terbukti mampu menjadikan Desa Sumber baru menjadi lumbung padi diwilayah ini. Selain pengembangan padi organik, program pemanfaatan lahan tidur untuk tanaman hortikultura dan sayuran. Program sanitasi dan sarana air bersih sejak 2018 berupa pembuatan tower air sumur bor dan sambungan air kerumah warga.
Gagasan pengembangan desa keratif merupakan program yang diluncurkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dimana desa yang dinilai mampu memenuhi indikator yang ditetapkan oleh kementerian akan menjadi percontohan desa kreatif 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here