Dorna dan FIM Inspeksi Sirkuit Mandalika, Hasilnya Memuaskan!

0
160
Jakarta – Untuk kali pertama Dorna Sports secara resmi melakukan inspeksi ke proses pembangunan Sirkuit Mandalika.
Kunjungan tersebut sekaligus merupakan Pra Homologasi sebagai syarat menggelar balapan MotoGP.
“Betul (Dorna Sports) datang ke Sirkuit Mandalika,” kata Chief Strategic Communication Officer MGPA Happy Harinto Dalam rangka Pra Homologasi dan first inspection,” lanjut dia.
Ada tiga perwakilan Dorna Sports dab FIM yang melakukan inspeksi ke Sirkuit Mandalika pada Rabu (8/4).
“Mereka Carlos Ezpelata, Franco Uncini, dan Loris Capirossi,” sambung Happy.
Carlos Ezpeleta adalah managing director Dorna, sementara mantan pebalap Loris Capirossi merupakan promoter representative. Terakhir, Franco Ucini, yang juga mantan juara dunia 500cc 1982, merupkan safety officer FIM.
Pembangunan lintasan sirkuit pada proyek Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Selasa (6/4/2021).
Pembangunan sirkuit itu ditargetkan selesai pada pertengahan tahun 2021.
“FIM yang bertanggung jawab untuk homologasi trek, tapi kami telah seharian berada di Sirkuit Mandalika. Franco Ucini sangat senang dan demikian pula saya,” kata Ezpeleta
Homologasi merupakan proses standar persetujuan atau sertifikasi dalam dunia balap yang meliputi standar kendaraan balap, lintasan dan komponen-komponen lainnya yang telah ditentukan untuk penyelenggaraan ajang balap.
Sirkuit Mandalika saat ini masih dalam proses pembangunan. Saat ini prosesnya sudah mencapai 50-60%. Sirkuit ini ditargetkan kelar pada Juni.
Dari hasil inspeksi yang sudah dilakukan FIM dan Dorna mengaku puas dengan perkembangan dan kondisi pembangunan Sirkuit Mandalika.
Perwakilan Dorna dan FIM juga memuji sirkuit yang nantinya akan menjadi trek jalanan pertama yang menggelar balapan MotoGP.
“Melihat trek dari gambar dan secara langsung itu berbeda, sangat mengejutkan karena trek ini akan sangat luar biasa. Kami sangat senang dengan progresnya.”
“Tentu setiap orang tahu masih banyak hal yang harus dikerjakan… tapi kami tidak sabar lagi menyaksikan MotoGP di sini, dan kami yakin para pebalap MotoGP akan menyukainya,” tutur Ezpeleta.
Sirkuit Mandalika memiliki lintasan sepanjang 4,31 km dengan 17 tikungan. Di kalender MotoGP 2021, status MotoGP Indonesia masih cadangan. Pemerintah berharap Sirkuit Mandalika bisa menggelar balapan MotoGP tahun ini, menjadi bagian dari seri Asia yang digelar pada Oktober.
Di sepanjang Oktober ada empat balapan yang sudah digelar, yaitu MotoGP Jepang (3/10), Thailand (10/10), Australia (24/10), dan Malaysia (31/10). Dari Malaysia balapan akan berlanjut ke Valencia yang merupakan seri penutup musim ini.
*Detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here