Dokter Rumantis Disdukpencapil,Masih Jadi Primadona Ditengah Pandemi

0
148
Foto : Ilustrasi Dokumen Kependudukan
Batulicin – Inovasi pelayanan penerbitan dokumen kependudukan di tengah pandemi Covid-19 dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Tanah Bumbu melalui layanan ‘Dokter Rumantis’
Dokumen Terima di Rumah dan Gratis (Dokter Rumantis) merupakan salah satu inovasi hasil kerjasama Disdukpencapil dengan kantor pos yang akan mengantar dokumen kependudukan dan pencatatan sipil yang sudah di terbitkan.
“Untuk melayani masyarakat yang sibuk dengan aktivitas ataupun jarak tempat tinggal yang begitu jauh tidak akan terganggu dalam pengurusan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil,” terang Plt. Kepala Dinas Dukpencapil Tanah Bumbu, Gento Hariyadi melalui Kasi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan, Wahidin Aritonang,dikutip laman RSB.com belum lama tadi.
Ia mengatakan,program ini sudah berjalan sejak 2018 akan tetapi sangat berguna pada masa pandemi sekarang karena mampu menekan durasi kepengurusan dokumen yang membuat masyarakat tidak terlalu lama antri di dinas.
“Alurnya yakni masyarakat datang ke dinas kemudian menyerahkan berkas, dan setelah diverifikasi. Selanjutnya dokumen yang sudah diterbitkan akan diantar oleh petugas pos ke alamat penduduk dan gratis,” imbuhnya
Petugas kantor pos akan mengantarkan dokumen kependudukan warga yang telah selesai diproses di Disdukpencapil ke masing-masing kecamatan dan desa di Kabupaten Tanah Bumbu.
” Sebaliknya,dari kecamatan dan desa petugas kantor pos mengambil berkas-berkas warga yang akan membuat dokumen kependudukan untuk dibawa ke kantor Disdukpencapil, guna diproses lebih lanjut,”
Layanan Dokter Rumantis ini juga juga untuk memenuhi azas “good governance” atau pemerintahan yang baik dan mudah, sehingga memudahkan masyarakat dalam mengurus adaministrasi kependudukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here