DLH Tanbu Siapkan 2 TPS Sementara di Dua Kecamatan

0
132
Batulicin – Untuk memaksimalkan pengeloaan sampah di Tanah Bumbu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanah Bumbu terus meningkatkan diantaranya dengan  Tempat Pembuangan Sampah (TPS) sementara.
Penempatan dua TPS sementara di Kecamatan Karang Bintang dan Kecamatan Kusan Hilir itu berfungsi mengumpulkan sampah yang bersumber dari perumahan maupun pemukiman sebelum dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu, Mahriyadi Noor melalui Kabid Pengelolaan Sampah, Limbah, Bahan Beracun dan Berbahaya (PSLB3), Indah Maya Suryanti mengatakan,sampah yang sudah terkumpul di TPS sementara ini akan diambil setiap hari oleh petugas untuk dibawa ke TPA.
“Muatan tiap kontainer di TPS sementara ini mencapai enam meter kubik atau enam ribu liter sampah,” terang Maya, dikutip RSB, Rabu (9/2/22).
Selain itu, di setiap wilayah juga terdapat jumlah kontainer yang berbeda, hal ini tergantung dengan timbulan sampah yang ada di daerah setempat.
Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tertib membuang sampah pada jam tertentu yang telah disepakati sehingga setelah petugas mengambil sampah di tempat tersebut tidak akan ada lagi tumpukan sampah yang baru.
Dengan adanya penempatan lokasi TPS sementara yang strategis, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat serta bebas dari tumpukan sampah.
Penempatan TPS sementara di Kecamatan Karang Buntang berada di Desa Batulicin Irigasi tepatnya di perbatasan sebelum masuk Desa Batulicin Irigasi.
Sementara di Kecamatan Kusan Hilir juga sudah disediakan kontainer TPS sementara di Kelurahan Kota Pagatan tepatnya di Eks Perumahan Bea Cukai, Desa Batuah terdapat dua buah kontainer di BLK dan di TPS-3R Sirenreng.
Untuk di Kecamatan Kusan Hilir selanjutnya juga telah menempatkan kontainer TPS sementara di Desa Sungai Lembu tepatnya di Siring Pagatan dan Desa Pasar Baru yang berada di Pasar Pagatan. (Fr/Zd).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here