DLH Tanbu Ajak Desa Hingga RT Galakkan Bank Sampah.

0
75
Batulicin,WTol – Persoalan sampah kerap menjadi persoalan yang tak kunjung selesai. Hal tersebut tak terlepas dari perilaku negatif sebagian masyarakat dalam memperlakukan sampah yang kerap menjadi awal dari rentetan permasalahan lingkungan.
Dalam mengelola  sampah ,Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanah Bumbu telah melakukan berbagai upaya untuk menangani permasalahan sampah tersebut, termasuk dengan memberdayakan bank sampah.
Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup DLH Tanah Bumbu melalui Kepala Seksi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, Siti Fatimah mengatakan, pembinaan bank sampah dilaksanakan dalam rangka memastikan kegiatan proses pengelolaan sampah berjalan sebagaimana mestinya.
Seperti pembinaan yang dilakukan oleh Tim pembina DLH Tanah Bumbu sekaligus monitoring Bank Sampah Sejahtera RT. 8 Desa Manunggal Kecamatan Karang Bintang pada Kamis (26/3/20)
“Pelayanan sampah di Desa Manunggal ini sudah berjalan sampai pada membeli dan memilah sampah dari individu masing-masing rumah tangga,”terangnya
Menurutnya,sampah sampah tersebut dikelola oleh tiga kelompok dasawisma yang dikumpulkan di bank sampah untuk selanjutnya disalurkan kembali ke Bank Sampah Baroqah Desa Baroqah Kecamatan Simpang Empat.
Fatimah mengatakan dengan adanya bank sampah,maka diharapkan akan lahir kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan, terutama berprilaku hidup bersih dan sehat seiring penyebaran virus corona.
Tak hanya itu,sampah juga mampu diolah menjadi kompos, serta membangun keterampilan kreativitas menggunakan barang bekas serta hanya membuang sampah tidak terpakai.
” Masyarkat nantinya akan terbiasa memilah sampah mana yang bernilai jual ekonomis, karena apabila sampah yang bernilai ekonomis dijual akan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkasnya
Dengan adanya bank sampah tersebut, DLH Tanah Bumbu berharap dapat menginspirasi masyarakat untuk lebih bijak dalam mengelola sampah dengan baik.
Serta bagi desa yang sudah mengangarkan ADD ke pengadaan sarana prasarana persampahan agar memiliki Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dan membentuk bank sampah dari tingkat RT maupun desa.
Adapun saat ini, desa yang telah melakukan pembentukan bank sampah yakni Desa Sido Mulyo Kecamatan Mantewe.
Zd/wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here