DLH Rampungkan Target Tanam Ribuan Bambu di Bantaran Sungai Satui

0
136
Batulicin,wartatanbu.co.id – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanah Bumbu telah menuntaskan penanaman ribuan pohon bambu di sekitar kawasan Sungai Satui.
Program penanaman bambu di Sungai Satui tahun 2020 ini merupakan tahun ketiga sejak 2018 lalu.
Untuk diketahui, gerakan menanam pohon bambu di sekitar Sungai Satui mencakup luas sekitar 7,5 hektar dengan jumlah 3.000 bibit.
” Tuntas 100 persen,ini tahun ketiga sejak 2018 lalu,” terang Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tanah Bumbu, Rahmat Prapto Udoyo melalui Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, Fitriansyah
Fitriansyah menambahkan, target penanaman ribuan bambu tersebut tuntas dilaksanakan pada Oktober lalu.
Selanjutnya pada November 2020 kemarin, pihaknya telah melakukan kegiatan turun ke lapangan hingga 4 kali tahapan guna memastikan tanaman bambu tumbuh dan berkembang sesuai harapan.
“Setelah penanaman, tidak serta merta lepas tangan begitu saja, tetapi DLH Tanah Bumbu terus melakukan tahap pemantauan ke lokasi,” tambahnya
Untuk perawatan pohon yang telah ditanam itu, DLH Tanah Bumbu telah menggandeng kelompok tani sekitar di Desa Satui Timur.
Pemeliharaan oleh petugas meliputi penyiraman pada situasi panas dan pembersihan rumput-rumput liar di sekitar tanaman.
Diungkapkan Fitriansyah, sejauh ini dari prosesi awal penanaman hingga akhir tidak menemui hambatan berarti. Permasalahan kecil yang terjadi hanyalah jika terjadi banjir yakni adanya sisa-sisa lumpur yang dikawatirkan berdampak pada pertumbuhan bambu.
Saat ini, progresnya perkembangan tanaman bambu di aekitar Sungai Satui tersebut cukup bagus.
Wtol/zd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here