DKUMP2 Tanbu Gelar Pelatihan Sasirangan

0
99
Batulicin – Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUMP2) Tanah Bumbu menggelar pelatihan pembuatan kain sasirangan khas Kalimantan Selatan diikuti 20 pengrajin di Desa Bunati Kecamatan Angsana.
Pelatihan tersebut merupakan upaya untuk mendorong tumbuhnya Industri Kecil Menengah (IKM) serta wirausaha baru di Bumi Bersujud.
Pelatihan pembuatan kain sasirangan khas Kalimantan Selatan dengan menggunakan bahan pewarna alam di Desa Bunati Kecamatan Angsana berlangsung dari 14 -18 Maret 2022.
“Program pelatihan bagi pelaku IKM ini merupakan agenda rutin setiap tahun yang diinisiasi DKUMP2 melalui hasil usulan masyarakat pada Musrembang tahun sebelumnya,” ungkap Sekretaris DKUMP2 Tanah Bumbu, H. Agus Salim, baru baru tadi.
Peserta pelatihan adalah mereka yang masih baru dan telah lama menggeluti usaha sasirangan namun dengan pengetahuan dasar yang sangat terbatas.
Dilanjutkannya, untuk melahirkan potensi pelaku IKM yang kompeten, pihaknya menunjuk instruktur pengajar, Rohayat dari Kabupaten Tanah Laut. Dimana, pemateri merupakan sosok yang sudah sangat berpengalaman pada bidangnya baik dari segi pembuatan dan pemasaran kain sasirangan.
“Adapun keterampilan yang diajarkan ahap dasar pengenalan kain, mengenal alat hingga teknik mendesain kain dari awal sampai akhir,” tambah Agus.
Menariknya lagi jenis pewarna yang digunakan pada pelatihan itu berbahan alam, yakni serbuk ulin, daun ketapang, jalawe, kulit manggis, kayu mahoni, kayu tinggi, akar mengkudu, dan indigofera.
Adapun seluruh bahan dan peralatan pendukung pelatihan seperti benang, kain, jarum, kaos tangan, dan alat pengaman pembuatan difasilitasi oleh DKUMP2 Tanah Bumbu.
” Jadi peserta hanya diminta untuk fokus dalam memahami materi dan praktek yang diajarkan,” bebernya.
Melalui pelatihan itu, Agus Salim berharap, nantinya peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang diperoleh untuk mendorong peningkatan kualitas IKM kain sasirangan di Tanah Bumbu lebih maju dan berkembang.
Tak hanya itu,pihaknya akan terus melakukan pendampingan hingga pembinaan sampai pelaku usaha mampu berdiri sendiri secara mandiri.
” Semua Ini merupakan  komitmen kami untuk memajukan IKM di Tanah Bumbu,”pungkasnya. (Zd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here