Dispersip Tanbu Pastikan Arsip Penanganan Covid-19 Terlindungi Dengan Baik

0
148
Batulicin,WTOL – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) akan melakukan pengamanan terhadap arsip atau dokumen terkait dengan pencegahan, pengendalian dan penaggulangan Covid-19.
Kepala Dispersip Tanah Bumbu H. Ambo Sakka melalui Kabid Kearsipan Muhammad Arif Rahman Hakim,mengatakan, pihaknya akan memastikan arsip/dokumen terkait Covid-19 di Kabupaten Tanah Bumbu aman dan tersimpan dengan baik.
“Jenis arsip yang akan didokumenkan yakni berbentuk fisik konvensional dan arsip dalam bentuk digital,”terang Arif, Senin (6/7/20) di Batulicin
Arif menerangkan,sejak mewabahnya virus corona, pemerintah daerah telah menerbitkan serangkaian kebijakan dalam rangka penanganan Covid-19.
Sejak itu banyak dokumen yang sudah dikeluarkan terkait pencegahan, pengendalian dan penaggulangan Covid-19 baik oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, SKPD maupun desa dan kelurahan.
Lebih lanjut menurut Arif, dokumen tersebut penting untuk diamankan sebagai sumber informasi, bukti sejarah dan bahan pertanggungjawaban.
Karenanya, penyimpanannya harus dilakukan dengan benar agar tidak sampai hilang dan tersimpan dengan baik.
“Tahapan penyelematan arsip Covid-19 berupa persiapan menyusun rencana program kerja, lalu pendataan dan identifikasi, dipilih untuk ditata, baru selanjutnya dibuat daftar verifikasi dan nilai kategori arsip yang ranahnya disimpan di daerah maupun desa,”tambah Arif
Pengamanan arsip terkait dengan Covid-19, dilakukan sebagai tindak lanjut dari surat edaran Menteri Pendayagunaan
Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tentang penyelamatan dan pelestarian arsip negara serta menindaklanjuti surat dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).
Sejauh ini pihak Dispersip telah menyampaikan surat edaran ke berbagai SKPD hingga ke tingkat desa dan kelurahan untuk meminta agar melaksanakan perlindungan, pengawasan dan penyelamatan terhadap arsip/dokumen dengan baik dan benar.
Zhd/wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here