Dispersip Gelar Diseminasi Kearsipan Bagi Aparatur Desa

0
76
Batulicin,WTol – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar kegiatan Diseminasi kearsipan yang diikuti oleh seluruh Perangkat Desa dan Kepala Sekolah Se Kecamatan Mantewe,di Aula Kecamatan Mantewe,Selasa (22/10/19)
Kegiatan tersebut dalam rangka menggalakkan gerakan sadar arsip dan penyelenggaraan arsip secara baku.
Kepala Dispersip Kab Tanah Bumbu,Dr.H. Ambo Sakka, M.Pd,saat membuka kegiatan ini mengatakan,Arsip memegang peran yang sangat penting dalam sebuah organisasi, karena arsip adalah tulang punggung dan wujud akuntabilitas penyelenggaraan organisasi termasuk pemerintahan.
“Saat ini semua harus sadar dan peduli terhadap arsip utamanya bagi para aparatur pemerintah mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan bahkan desa dan sekolah,” ujarnya
Baca Juga : Hari Santri Nasional Bupati Serahkan 500 Mushaf Al-Qur;an
Baca Juga : Bupati Pimpin Upacara Hari Santri Nasional Diikuti Ribuan Santri se-Tanbu
Sebelumnya Camat Mantewe, dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kasi Sarana umum mengharapkan pengelolaan kearsipan ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital saat ini.
“Kita berharap era digitalisasi ini,arsip juga dapat diselenggarakan dalam bentuk aplikasi yang berbasis TIK agar pelaksanaan pemerintahan dapat lebih efektif dan efisien lagi,”ungkapnya
Baca Juga : Penataan Arsip SKPD,Dispersip Bentuk Arisan Kearsiapan.
Dalam kegiatan ini disampaikan materi antara lain, mengenai UU No. 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan dan Perda Kabupaten Tanah Bumbu No. 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Kearsipan yang disampaikan oleh Kabid Kearsipan, M Arif Rahman Hakim.
Baca Juga : Bupati Serahkan Bantuan Sosial Warga Kurang Mampu Di Sungai Loban.
Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan diseminasi tersebut mengingat masih minimnya pengetahuan terkait kearsipan yang mereka kurang ketahui.
Bahkan setelah mengetahui pentingnya arsip, salah satu perwakilan aparat desa berharap agar dalam APBDES 2020 desa dapat menganggarkan belanja untuk kearsipan.
Dalam kesempatan yang sama, digelar juga kegiatan Story Telling di Aula Desa Suka Damai yang dihadiri sekitar 150 anak SD dan TK se Kecamatan Mantewe.
Kegiatan story telling ini dipandu oleh Trialis Nurika Evi atau yang dikenal dengan Bunda Alis (Pengelola Kampung Dongeng).
Kegiatan ini rutin dilaksanakan Dispersip yang bertujuan meningkatkan kegemaran membaca bagi anak anak usia dini.
Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here