Disperkimtan Tanbu Kelola DAU Sebesar 9,4 Milyar Untuk Pengembangan Perumahan

0
152
Batulicin,wartatanbu.co.id – Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Tanah Bumbu Bidang Perumahan tahun anggaran 2020 memperoleh bantuan Dana Alokasi Umum (DAU) APBN sebesar Rp. 9,4 milyar.
Realisasi dana bantuan dari APBN pusat tersebut sebagian besarnya dilaksanakan ke dalam program pengembangan perumahan.
“Untuk pengembangan perumahan implementasinya mencapai Rp. 7,9 milyar,” ujar Kepala Disperkimtan Tanah Bumbu, Mahriadi Noor melalui Kabid Perumahan, Edi Purwanto di Batulicin.
Edi manjelaskan, bantuan DAU tersebut terbagi dalam 4 kegiatan yakni pertama penetapan kebijakan strategi dan program perumahan, kedua pembangunan sarana dan prasarana rumah sederhana sehat, ketiga pembangunan perumahan masyarakat kurang mampu dan keempat pengawasan dan pengendalian perumahan.
Edi menyebut,biaya pengeluaran terbesar dari bantuan tersebut diperintukkan untuk pembangunan perumahan pra sejahtera sebanyak  20 unit di Desa Sungai Lembu Kecamatan Kusan Hilir sebesar Rp.815 juta.
Selain itu, dipergunakan juga untuk pembuatan gazebo perumahan pra sejahtera sebesar Rp.214,6 juta, pembangunan pendopo serba guna Desa Serdangan Kecamatan Kusan Hilir sebesar Rp.215,6 juta dan pembuatan pintu gerbang perumahan pra sejahtera sebesar Rp.111 juta.
“Penyalurannya juga untuk peningkatan jalan perumahan, pemasangan paving, pembangunan jalan titian, pemasangan PJU, dan penataan lahan untuk pembuatan ruang terbuka publik,” sebut Edi
Pihaknya berharap, bantuan Dana Alokasi Umum (DAU) dari pemerintah bisa berjalan secara berkesinambungan dan jika bisa ditambah lagi, sehingga program dari Bidang Perumahan untuk mensejahterakan masyarakat Tanah Bumbu terus diprioritaskan.
Wtol/zd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here