Disnakertranskop UM Gelar Pelatihan Pengawas dan Pengurus Koperasi

0
85
Batulicin,WTol – Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan Usaha Mikro (Disnakertranskop UM) Kab Tanah Bumbu menggelar pelatihan penyusunan pelaporan koperasi,di Aula Sekretariat PKK Kapet,Kamis (20/2/20)
Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kualitas kelembagaan koperasi di Tanah Bumbu.
Kegiatan dibuka Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan Pembangunan, A.Aminuddin,S.Pd,MM,didampingi Kepala Dinas Nakertranskop UM Avian Noor.
Pelatihan bagi pengawas dan pengurus koperasi tersebut menghadirkan Pemateri dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Provinsi Kalimantan Selatan, Fitriyadi,SE,MM.
Bupati Tanah Bumbu, H Sudian Noor dalam sambutannya dibacakan Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan Pembangunan, A.Aminuddin,S.Pd,MM menyambut baik dilaksanakannya pelatihan ini.
Menurutnya pengawas koperasi sangat menentukan maju dan tumbuhnya koperasi.Pengawas harus bisa mengawasi jalannya kegiatan koperasi agar berjalan sehat.
” Peran pengawas koperasi sangat penting dalam mengawal jalannya koperasi sesuai dengan hasil rapat anggota pengurus koperasi,” ujarnya
Karena itu lanjut Aminuddin,peningkatan kemampuan fungsi pengawas koperasi sebagai bentuk pembinaan Pemerintah daerah melalui Disnakertraskop UM dalam rangka pemberdayaan dan pembinaan terhadap koperasi di Tanah Bumbu.
Materi pelatihan antara lain cara mengisi formulir pertanggungjawaban pengurus,sesuai peraturan UU No25 Tahun 1992 dan Permen Koperasi No 19 Tahun 2015 tentang Rapat Akhir Tahunan (RAT)
Kepada peserta juga dipaparkan fungsi dan kedudukan pengawas dalam koperasi, ruang lingkup dan sasaran pemeriksaan di Koperasi,pemeriksaan secara umum dan langkah-langkah pemeriksaan keuangan pendekatan pos pos neraca serta prosedur dan jenis pemeriksaan.
Melalui pelatihan pengawas koperasi ini diharapkan akan mewujudkan Koperasi yang kuat, sehat, mandiri, tangguh dan mampu berdaya saing sesuai jatidiri Koperasi.
Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here