Disnakertranskop Beri Pelatihan Kuliner Bagi UMKM di Tanbu

0
277

Batulicin,WTOL – Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi,Koperasi dan Usaha Mikro (Disnakertraskop dan UM) Tanah Bumbu bekerjasama dengan PT. IndoFood Sukses Mandiri divisi Bogasari,menggelar Pelatihan Kuliner bagi UMKM yang dilaksanakan di Gedung Sekretariat PKK Tanah Bumbu,Simpang Empat,Selasa (23/10/2018) pagi.

Kegiatan dibuka oleh Ketua TP PKK Tanah Bumbu, Hj Sadariah Sudian Noor,diikuti 150 peserta yang umumnya kaum ibu.

Kegiatan dengan Tema ” Dari rumah usaha menjadi uang,diikuti para pelaku UMKM di Tanah Bumbu

Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan Usaha Mikro Kab.Tanah Bumbu,Drs Suhartoyo,MM,mengatakan,kegiatan ini bertujuan menambah wawasan bagi para pelaku usaha kuliner,dan memberi pengatahuan kuliner yang trend saat ini,selain itu juga untuk meningkatkan semangat para pelaku umkm dalam berinovasi dan berkreasi.

“Pelaku usaha kuliner sudah banyak di Tanah Bumbu,namun umumnya produk yang dihasilkan belum membumi,karena itu pelaku
usaha dituntut harus jeli melihat peluang dan perkembangan kuliner yang ada saat ini,” ucapnya.

Ditambahkannya, saat ini penggunaan Teknologi juga seharusnya mampu lebih mempercepat produksi kuliner.

” Melalui pelatihan ini kita berharap dapat menjadi salah satu upaya yang berkelanjutan,sehingga suatu saat, Tanah Bumbu punya satu produk kuliner khas yang belum dimiliki daerah lain,”tambahnya.

Masih menurut,Suhartoyo,dengan memproduksi sendiri akan dihasilkan produk yang murah dan berkualitas sehingga mampu bersaing dengan produk yang ada.

Karena itu menurutnya,Pemerintah daerah senantiasa memberikan dukungan bagi kemajuan Usaha Mikro di Tanah Bumbu baik melalui Kemitraan ,perijinan,dan penguatan kelembagaan.

Sementara itu,Ketua TP PKK Tanah Bumbu,Hj Sadariah Sudian Noor,menyambut baik diselenggarakannya kegiatan ini,menurutnya Tren usaha kuliner saat ini semakin luas dan menjadi peluang besar bagi para pelaku usaha kecil khususnya kaum ibu dalam menambah penghasilan keluarga

” Pelaku usaha kuliner harus pandai berinovasi dan berkreasi menciptakan produk kuliner yang mampu mengikuti perkembangan tren kuliner saat ini,”ucapnya

Ia menambahkan, pelatihan sajian bogasari ini sangat bermanfaat bagi yang akan membuka usaha kuliner

” Semoga pelatihan ini dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para pelaku usaha kuliner di Tanah Bumbu,

“Saya juga menyampaikan terima kasih kepada PT Indofood Sukses mandiri yang telah bekerjasama dengan disnakertrans, mudah mudahan kedepan kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut,”

Mengakhiri sambutannya, Hj Sadariah menghadiahkan pantun khusus bagi para peserta pelatihan.

“Kepagatan membeli tomat,
Semoga kegiatan ini bermanfaat,” pungkasnya.

*Al/wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here