Diskominfo Tanbu Gelar Workshop Persandian Keamanan Informasi

0
47
Batulicin,WTol – Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor, diwakili Asisten Bidang Administrasi Umum H Mustaing membuka kegiatan Workshop Operasional Tata Kelola Persandian yang dilaksanakan Diskominfo Tanah Bumbu, di Mahligai Bersujud,Kamis (26/9/19)
Workshop diikuti perwakilan SKPD Lingkup Pemkab Tanbu yang terdiri dari Pejabat atau staf pengelola data pelaporan dan arsip pada masing-masing SKPD.
Dalam sambutannya bupati mengatakan,Workshop tersebut sangat penting dan strategis sebagai upaya meningkatkan SDM aparatur persandian.
” Workshop ini sangat penting dalam rangka memberikan perlindungan data informasi krusial yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu,”ujarnya
Oleh karena itu lanjut bupati,Organisasi Perangkat Daerah harus mampu menyikapi secara bijak dan peka serta dituntut memiliki security minded, awareness daneness dan pemahaman tentang informasi.
” Disinilah peran persandian yang menyediakan berbagai metode dan teknik kriptografi, menjadi sangat dibutuhkan untuk menjaga kerahasiaan, keutuhan dan keaslian informasi yang disediakan oleh Pemerintah Daerah,”imbuhnya
Menurut bupati di era keterbukaan dan globalisasi membawa dampak pada transparansi informasi, dimana hampir semua informasi mudah diperoleh melalui internet bahkan hak untuk mengakses informasi juga dijamin dalam Undang-undang.
” Ada akses informasi yang dikecualikan dimana informasi itu wajib dilindungi agar tetap terjaga kerahasiaan, keutuhan dan keasliannya,”pungkasnya
Sebelumnya,Ketua Panitia Penyelenggara Workshop Persandian, Muhammad Ilyas, melaporkan, workshop bertujuan membuka wawasan pengelolaan dan pengamanan informasi atau data pemerintahan daerah secara efektif dan efisien.
“Acara ini untuk meningkatkan pengelolaan dan perlindungan informasi serta pemahaman wawasan tentang persandian dilingkup Pemerintah Tanah Bumbu,”pungkasnya
Mc/ags

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here