Disdukpencapil Gratiskan 100 Perkara Akta Pencatatan Sipil.

0
119
Batulicin,WTol – Layanan gratis perkara akta pencatatan sipil di berikan bagi warga Tanah Bumbu yang ingin melakukan perubahan akta pencatatan sipil.
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Kabupaten Tanah Bumbu membuka layanan gratis 100 perkara sidang perubahan data Akta Pencatatan Sipil yang meliputi perubahan Akta Kelahiran maupun Akta Perkawinan.
Disdukcapil bekerjasama dengan Pengadilan Negari Batulicin dalam layanan perubahan data akta catatan sipil yang merupakan program triwulan pertama di awal tahun 2020.
“Pendaftarannya sudah di mulai sejak tanggal 3 Januari kemarin,sementara kita batasi sampai 100 perkara saja,kalau sudah mencapai kuota itu kita tutup,” terang Kepala Dinas Dukpencapil Tanah Bumbu, Eka Saprudin,melalui Kepala Seksi Kerja Sama dan Inovasi, Wahidin Aritonang, Rabu (8/1/2020)
Baca Juga : Bupati Imbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan Bencana.
Aritonang menambahkan, sudah ada sekitar 50 perkara yang telah terdaftar sejak layanan ini dibuka,ia mengatakan pemdaftaran masih terbuka selama belum mencukupi 100 perkara tersebut.
“Satu orang bisa mendaftar lebih dari satu perkara dan diwajibkan membawa 2 orang saksi masing-masing pada setiap perkara yang diajukan,” imbuhnya
Lanjutnya lagi,setiap perkara yang didaftarkan akan melalui seleksi terlebih dahulu,apakah sesuai dengan ketentuan dan syarat yang berlaku.
Baca Juga : Unik,Mushola Sangkar Burung Akan Dibangun Di TWA Pulau Burung.
Untuk perkara perkara yang rumit dan kemungkinan sulit diselesaikan maka akan ditunda karena seluruh usulan sidang perubahan akta catatan sipil yang masuk ke Pengadilan Negeri, baik itu yang diterima atau ditolak pengadilan tetap biayanya dibayarkan sama.
Berdasarkan uraian biaya anggaran, setiap satu perkara perubahan bernilai Rp 800 ribu lebih.
Proses sidang sendiri dijadwalkan akan berlansung pada awal April 2020 di Pengadilan Negeri Batulicin, bagi perkara sesuai dan disahkan oleh pihak pengadilan maka saat itu juga dokumen lansung diterbitkan dan dicetak di tempat.
Zhd/wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here