Disdikbud Tanbu Akan Gelar Pagelaran Musik Panting

0
115
Batulicin,WTOL – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tanah Bumbu berencana akan menggelar pagelaran musik panting.
Kegiatan pagelaran seni musik khas asli Kalimantan Selatan ini sebagai upaya melestarikan dan mengembangkan potensi kebudayaan dan mensosialisasikan tata nilai budaya daerah.
” Sesuai rencana untuk jadwal pementasan akan dilaksanakan bulan Oktober 2020,rencana ini masih terus kita dimatangkan,”ungkap Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Tanah Bumbu, Muhammad Rafie,belum lama tadi.
Lanjutnya,pagelaran pentas musik panting ini merupakan bagian dari pengembangan kesenian dan kebudayaan daerah khususnya di Bumi Bersujud.
Menurut Rafi,sejumlah kegiatan maupun agenda banyak yang tergeser pelaksaannya akibat pandemi Covid-19 saat ini Namun tetap akan dilaksanakan tetapi pada bulan berikutnya.
“Untuk memajukan seni dan kebudayaan daerah,semua pihak harus ikut turut serta mendukung setiap program yang akan dilaksanakan bidang kebudayaan termasuk meningkatkan SDM pelaku seni itu sendiri,” imbuhnya
Ditegaskannya, pihaknya optimis bahwa ke depannya seluruh kegiatan tari sastra, teater yang berkaitan dengan kebudayaan akan berjalan dengan lancar meskipun ada keterbatan di tengah pandemi Covid-19 ini.
Upaya lain Disdikbud untuk memajukan seni musik panting yakni dengan mengajak seluruh SKPD di lingkungan Pemkab Tanah Bumbu untuk menyampaikan program kerjanya lewat drama teater, bidang kebudayaan siap memfasilitasinya untuk ditampilkan dalam kemasan tema “Pamandiran di Palataran Gunung Tinggi”.
“SKPD tinggal menyampaikan saja,nanti akan kita arahkan ke Sanggar Citra Luhur, karena Bidang Kebudayaan Disdikbud Tanah Bumbu telah menjalin komitmen memajukan budaya daerah bersama dengan sanggar tersebut,” pungkasnya
Zd/wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here