Disdagri Gandeng Dekranasda Tanbu Gelar Pelatihan Anyaman Bambu

0
102
Batulicin,Wartatanbu.co.id – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagri) Kab Tanah Bumbu melaksanakan pelatihan anyaman bambu di Desa Bulurejo, Kecamatan Mantewe.
Pelatihan yang dilaksanakan selama 5 hari itu dibuka langsung Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tanah Bumbu Hj Wahyu Windarti Zairullah, Senin (25/10/21).
Ketua Dekranasda Tanah Bumbu saat membuka kegiatan itu mengatakan menyambut baik dan sangat mengapresiasi pelatihan sebagai upaya pemberdayaan masyarakat untuk memberikan keterampilan dan pengetahuan kepada pengrajin dan pelaku wirausaha, yang berada di Bumi Bersujud khususnya Desa Bulurejo Kecamatan Mantewe.
“Dengan keterampilan kerajinan tangan anyaman bambu ini juga dapat dijadikan sebagai mata pencaharian usaha yang mandiri,” ujarnya.
Dirinya juga berharap, para peserta mampu memahami manajemen kegiatan pelatihan kerajinan tangan, untuk dapat diterapkan di lingkungan sekitar.
Serta dapat mengembangkan potensi dirinya, dan meningkatkan kesejahteraan hidup melalui pengembangan aktivitas usaha ekonomi.
Sementara itu,Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagri) Tanah Bumbu H Deny Hariyanto mengatakan, pemanfaatan sumber daya alam di pedesaan menjadi hasil karya kerajinan akan berdampak positif kepada perkonomian masyarakat pengrajin.
“Instruktur langsung kita datangkan dari Yogjakarta,” ujar Denny
Pelatihan ini lanjut Deny untuk membantu dan mendorong mengembangkan pemasaran Tanah Bumbu membangun rumah pemasaran promosi yang ada di Kecamatan Simpang Empat.
Adapun peserta pelatihan berjumlah 20 orang dimana seluruh bahan pelatihan hingga instruktur difasiltasi oleh Disdagri.
“Materi pelatihan antara lain cara membuat kursi dari bambu serta pernak-pernik lainnya yang bahan dasarnya semua dari bambu,”pungkasnya. (Zd/wtol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here