Dinas PMD Awali Penilaian Lomba Desa 2020 Di Desa Ringkit Kecamatan Kuranji

0
88

Batulicin,WTol
– Penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2020 di Desa Ringkit Kecamatan Kuranji diawali dengan kunjungan Tim Penilai Lomba yang dipimpin oleh Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tanah Bumbu,di Desa Ringkit sebagai perwakilan Kecamatan Kuranji, Selasa (10/03/20)
Kehadiran Tim penilai disambut hangat masyarakat Desa Ringkit yang antusias lomba Desa Tingkat Kabupaten tersebut.
Sejumlah persiapanpun telah dilakukan oleh masyarakat bersama Kepala Desa Ringkit, Ahmad Jaedi dan arahan dari Camat Kuranji, Samsir, SE. M. AP bersama jajarannya dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan bersama para anggotanya.
Ketua Tim Penilaian Lomba Desa yang juga Sekretaris Dinas PMD Kabupaten Tanah Bumbu, Ayatullah Chotim, SE mengatakan, lomba desa dalam rangka memberikan motivasi untuk mendorong Pembangunan dan Pengembangan desa sekaligus memberdayakan masyarakat guna mempercepat kemandirian desa.
Sementara itu Kepala Desa Ringkit, Ahmad Jaedi dalam sambutannya menyampaikan gambaran umum tentang Desa Ringkit.
“Atas nama aparatur Desa, saya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kecamatan Kuranji beserta jajarannya, karena selama menjelang penilaian selalu intens melakukan pendampingan dan pembinaan secara nyata,” ujarnya.
Mewakili seluruh warga Desa Ringkit, dirinya mengucapkan selamat datang kepada tim penilai lomba dari Kabupaten.
Senada dengan itu,Camat Kuranji, Samsir, SE. M. AP dalam sambutannya menyampaikan bahwa ditetapkannya Desa Ringkit sebagai perwakilan dalam penilaian lomba desa Tingkat Kabupaten adalah setelah melalui tahapan dan proses penilaian Loma Desa Tingkat Kecamatan Kuranji yang mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015.
Camat Kuranji mengakui, dengan banyaknya kegiatan dan penilaian pada tingkat Kabupaten diawal-awal tahun ini, sehingga persiapan desa dalam menyambut penilaian lomba desa tingkat Kabupaten tersebut cukup singkat.
Namun demikian, pemerintah bersama masyarakat berusaha memberikan yang terbaik dalam lomba desa ini.
“Program ini cukup bagus, selain meningkatkan perekonomian masyarakat pedesaan, program lomba desa ini memberikan efek baik bagi masyarakat dalam menjaga lingkungannya. Misalnya, jika biasanya masyarakat tidak pernah bersih-bersih lingkungan, dengan adanya lomba desa ini, masyarakat menjadi ikut aktif membersihkan lingkunan desa,” papar Samsir.
Hadir dalam penilaian Lomba Desa ini digelar di Gedung Kesenian dan Olah Raga Desa Ringkit, dihadiri oleh Dinas PMD, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Kominfo, BPBD, Satpol PP dan Damkar, Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanah Bumbu.
Selain penilaian Lomba Desa, pada hari ini juga digelar Penilaian Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten, Penilaian Lomba Tehnologi Tepat Guna (TTG) dan Penilaian Lomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dari semua jenjang Pendidikan, mulai dari TK/PAUD, SDN, SLTP dan SMUN.
Adapun penilaian Lomba UKS untuk TK/PAUD diwakili oleh TK/PAUD Desa Giri Mulya, untuk tingkat SD diwakili oleh UKS SDN Indraloka Jaya dan untuk Sekolah Menengah Pertama dan Atas masing-masing diwakili oleh UKS SMPN 1 Kuranji dan SMUN 1 Kuranji.
Dalam kesempatan memberikan sambutan pada acara penilaian Lomba UKS di SMUN 1 Kuranji, di hadapan Tim Penilai yang berasal dari Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan Departemen Agama Kabupaten Tanah Bumbu, Camat Kuranji, Samsir, SE. M. AP mengatakan, betapa pentingnya nilai sebuah kesehatan.
“Dengan adanya Lomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) ini, dapat meningkatkan mutu pendidikan dan upaya membudidayakan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat kepada peserta didik, tidak hanya dilingkungan sekolah saja, tetapi dapat mereka praktekan dalam lingkungan diluar sekolah,” Ujar Camat Kuranji.
Dirinya berhatap Tim Penilai bisa memberikan masukan-masukan yang lebih baik kedepan untuk kemajuan kesehatan dan pendidikan di sekolah.
Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here