Dinas Pertanian Tanbu Uji Coba Kandang Elektrik Ternak Sapi

0
113
Batulicin – Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu mensosialisasikan penggunaan kandang elektrik kepada para peternak sapi di Tanah Bumbu.
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu, Fauraji Akbar melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Berkat, mengatakan,sosialisasi kandang elektrik ini bertujuan untuk menjaga ternak petani tidak keluar kandang.
“Kandang elektrik ini mempermudah petani menjaga sapinya,” ujar Berkat di Batulicin, Kamis (30/12/21).
Berbeda dengan kandang ternak konvensional, penggunaan kandang elektrik menggunakan aliran listrik daya rendah yang bersumber dari battery (Aki) yang menghasilkqn sengatan atau aliran listrik berdaya rendah.
Tegangan listrik yang timbul akan menghasilkan sengatan listrik di sekitaran kandang membuat para ternak tetap aman berada di dalam kandang.
Menurutnya, jika sudah terbiasa mengaktifkan kandang elektrik kemudian nanti ketika di non aktifkan kandang listrik tersebut dianggap tetap diwaspadai dan dijauhi oleh ternak.
“Kandang elektrik ini cocok untuk ternak jenis sapi, kerbau dan kambing,”tambahnya.
Berkat mengungkapkan,penggunaan kandang elektrik ini tidak berbahaya bagi petani maupun ternak karena hanya mengandung tegangan kecil.
“Sosialisasi pengoperasian kandang elektrik ini sudah menyentuh hampir ke seluruh desa di Tanah Bumbu tahun ini, rata rata masyarakat petani ternak daerah sawit setuju mengusulkan kandang elektrik ini,” pungkasnya.
Berkat menambahkan,kandang elektrik ini merupakan bantuan dari pemerintah dan merupakan uji coba pertama tahun ini.
Pihaknya telah mencanangkan usulan melalui anggaran daerah untuk petani ternak Tanah Bumbu di beberapa desa dengan area sawit.
Dirinya berharap penggunaan kandang elektrik ini, bisa memacu masyarakat petani sawit agar mau memelihara ternak di kebun sawit yang memiliki padang rumput. Kandang elektrik dibuat untuk memudahkan petani dalam memelihara ternak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here