Dinas Perikanan Usulkan 150 Sertifikat Hak Atas Tanah Pembudi Daya Ikan.

0
64
Batulicin,WTol – Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu tahun ini telah mengusulkan 150 buah Sertifikasi Hak Atas Tanah ( SEHAT) melalui Kementerian Kelautan Perikanan (KKP)
150 sertifikat tersebut merupakan lahan milik para pembudidaya ikan di dua lokasi yakni di Desa Sepunggur Kecamatan Kusan Hilir dan Desa Sungai dua laut Kecamatan Sungai Loban.
“Surat usulan sertifikat tersebut sudah kita kirimkan kepada Direktur Perizinan dan Kenelayanan KKP, tinggal menunggu hasilnya dari BPN, ujar Zulkarnain,Kabid Perikanan Budidaya,saat ditemui di ruang kerjanya,Rabu (21/08/19)
Selain pengurusan Sertifikat lahan petani, Dinas  Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu,memberikan bantuan bibit budidaya tambak air payau berupa bibit udang windu kepada  9 kelompok nelayan di Desa Sepunggur Kecamatan Kusan Hilir dan Desa Segumbang,Kecamatan Batulicin.
” Masing masing kelompok menerima 240 ribu ekor bibit udang,ini sudah kita realisasi pada bulan mei lalu,” ujar Zulkarnain
Selain bibit udang,petani juga menerima bantuan bibit ikan patin sebanyak 75 ribu ekor dari Balai Bididaya Air Tawar (BBAT) Mandiangin,Banjarbaru. Bantuan bubit ikan ini diberikan kepada petani budidaya di Desa Batarang, sedangkan bantuan bibit ikan Nila disalurkan kepada petani di Desa Sinar bulan,Kecamatan Sungai Danau.
“Tahun ini Pemerintah daerah,melalui Dinas perikanan tengah menyelesaikan pembanguan gerpari ( gerakan pakan mandiri) di Desa pulau salak, Kecamatan Kusan Hilir,”imbuhnya
Selama ini pembudidaya ikan masih dihadapkan pada kendala produksi. Dengan membuat pakan sendiri yang berbahan baku lokal, pembudidaya akan lebih efisien dalam berproduksi dan nantinya bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.
*wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here