Dinas Perikanan Tanbu Segera Salurkan Bantuan Alat Tangkap Perikanan

0
209
Batulicin – Dinas Perikanan Kab Tanbu akan segera menyalurkan bantuan hibah berupa alat tangkap dan alat penangkapan ikan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan.
Plt. Kepala Dinas Perikanan Tanah Bumbu, Yulian Herawati melalui Kasi Sarana dan Prasarana Penangkapan Ikan, Desi mengatakan, bantuan tersebut mencakup dua aspek yaitu perairan laut dan perairan umum.
Dijelaskan,untuk perairan laut distribusi bantuan berupa gillnet dan untuk perairan umum berupa lukah dan bubu.
“Bantuan itu bersumber dari dana Provinsi dan dana DAK. Sampai saat ini, tahapannya masih dalam verifikasi,” ujarnya belum lama tadi
Adapaun bantuan alat tangkap tersebut akan disalurkan kepada KUB nelayan yang ada di Kecamatan Kusan Hilir dan Kecamatan Satui.
Sedangkan untuk alat bantu penangkapan ikan akan di serahkan kepada KUB nelayan yang ada di Kecamatan Kusan Hilir.
Diungkapkan Desi, hampir setiap tahun KUB nelayan mengajukan proposal bantuan hibah ke Dinas Perikanan Tanah Bumbu, terutama permintaan alat tangkap karena umurnya pendek dan sering rusak.
Hingga saat ini yang terdaftar di Dinas Perikanan ada sebanyak 247 KUB nelayan. Diantaranya 191 KUB pada perairan laut dan 56 KUB pada perairan darat. Namun, yang aktif hingga saat ini hanya 187 KUB nelayan.
*Zd/wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here