Dinas Perikanan Tanbu Gelar Pelatihan Pembenihan Ikan Haruan Metode Semi Artificial.

0
161
Batulicin,wartatanbu.co.id – Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu dan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Tanbu bekerjasama menggelar pelatihan perikanan dalam rangka mengembangkan Kampung Reforma Agraria.
Bentuk kerjasama tersebut diwujudkan dengan memberikan pelatihan pemijahan ikan gabus yang dilaksanakan di Desa Binawara,Kecamatan Kusan Hulu.
“Pelatihan pemijahan ikan haruan kepada pembudidaya ikan di Desa Binawara sebagai Kampung Reforma Agraria dalam rangka Data Gugus Tugas Reforma Agraria Tahun 2022,” terang Kadis Perikanan,Dahliansyah melalui Muhammad Riswan,pejabat fungsional perikanan tangkap.
Pelatihan perikanan pemijahan ikan gabus ini dibuka oleh Kepala Desa Binawara,Noor Rahman, Rabu (2/11/22) di gedung Abdul Kadir, Desa Binawara, Kecamatan Kusan Hulu, Kabupaten Tanah bumbu, yang turut dihadiri Ketua BPD Desa Binawara Badaruddin M.Ilham selaku BabInsa setempat.
Narasumber pelatihan disampaikan langsung oleh Muhammad Riswan dari Dinas Perikanan Tanah Bumbu dengan pemaparan materiĀ  mengenai pembenihan ikan gabus sekaligus praktek pemijahan ikan gabus dengan metode semi artificial.
Kepada peserta pelatihan juga dijelaskan secara detail bagaimana cara memilih indukan ikan gabus yang baik. Selain itu peserta juga diajarkan membedakan benih jantan den betina serta cara menghitung dosis obat yg akan disuntikan kepada indukan ikan gabus.
Pada kegiatan ini peserta nampak sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan terutama saat praktek langsung dengan alat peraga yang disiapkan oleh narasumber dan berbagai pertanyaan dilontarkan oleh peserta pelatihan terkait pembenihan ikan gabus dan prospek budidaya ikan gabus dimasa mendatang.
Riswan berharap,melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan memberikan motivasi kepada pembudidaya ikan haruan untuk mengembangkan usaha budidaya gabus sebagai salah datu potensi usaha budidaya perikanan didaerah ini. (Wtol).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here