Di Tanbu,Jamaah Jum’at Gelar Qunut Nazilah Cegah Mewabahnya Covid -19

0
103

Batulicin,WTol
– Jamaah shalat Jum’at di Masjid Jami’ Nurul Falah Desa Karang Intan, Kecamatan Kuranji melaksanakan qunut Nazilah memohon kepada Allah SWT memberikan perlindungan dari mewabahnya virus covid-19.
Selain melakukan qunut nazilah jamaah juga dihimbau bersama-sama berdo’a dan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan memperbanyak memohon ampun dan istighfar, memperbanyak amal sodaqoh, memperbanyak membaca Al-Qur’an dan berdzikir kepada Allah.
Utamanya membaca Dzikir Yaa Lathif (129 kali) setiap selesai sholat wajib Magrib dan Subuh, membaca Sayyidul Istighfar dan do’a lainnya secara berjama’ah.
Himbauan ini sesuai dengan Surat Edaran Bupati Tanah Bumbu Nomor : B/451/665/Kesra.2.Bup/III/2020 tertanggal 19 Maret 2020 tentang Doa Bersama Pengendalian Virus Corona (Covid-19).
Dalam edaran Bupati Tanah Bumbu yang di bacakan oleh Ketua Umum MUI Kecamatan Kuranji yang ditujukan kepada seluruh Camat, Kepala Desa, Pimpinan Pondok Pesantren dan Majlis Ta’lim, Pengurus Masjid dan Musholla, serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.
Dalam kesempatan itu disampaikan tentang himbauan bersama-sama menjaga kebersihan diri, bagi umat muslim dihimbau untuk menjaga wudhu, kebersihan tempat dan sarana ibadah serta lingkungan masing-masing, dengan diawali membiasakan mencuci kedua tangan memakai sabun dengan air mengalir atau cairan anti septic.
Untuk pelaksanaan ibadah sholat berjamaah di Masjid atau Musholla, agar masing-masing jama’ah membawa sajadah atau sorban sebagai alas sholat serta menerapkan standar kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19.
Camat Kuranji,Samsir dalam sambutannya menambahkan, bahwa selain edaran tentang pelaksanaan doa bersama juga menyampaikan edaran Bupati Tanah Bumbu tentang penundaan dan peniadaan kegiatan acara yang mengumpulkan orang banyak.
“Hal ini dimaksudkan untuk mengendalikan dan sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,”kata Camat
Samsir juga menyampaikan tentang pembentukan Tim Reaksi Cepat Tanggap Covid-19 di Kecamatan yang masing-masing beranggitakan Kepala Desa dan Sekretaris Desa selain unsur Muspika dan Lintas Sektor Kecamatan.
Salah satu dari tugas Tim ini adalah, memantau dan melaporkan secara cepat bila terdapat indikasi gangguan kesehatan dimasyarakat yang mengarah kepada penularan Virus Covid-19 ini.
Selain itu tugas Tim ini adalah memantau kedatangan orang luar daerah di desa masing-masing.
“ Mari kita laksanakan dzikir dan do’a berjama’ah, baik di Masjid, Musholla ataupun berjama’ah dengan anggota keluarga di rumah masing-masing, semoga Allah SWT segera mengangkat wabah ini dari Negara kita, sehingga kita bisa menjalankan ibadah dan kehidupan kita sehari-hari seperti biasanya”, tutup Camat diakhir sambutannya.
Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here