Desa Batulicin Irigasi Terima Apresiasi Kampung Iklim 2020 dari KLHK

0
275
Batulicin,wartatanbu.co.id – Desa Batulicin Irigasi di Kecamatan Karang Bintang Kab Tanah Bumbu menerima apresiasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sebagai desa yang pernah meraih Tropy untuk Kategori Proklim Utama Tingkat Nasional Tahun 2019.
Sejumlah perusahaan pendamping proklim di Kabupaten Tanah Bumbu juga mendapatkan apresiasi yang sama yang diwakili PT. Tunas Inti Abadi (TIA) dan PT. Borneo Indo Bara (BIB) karena telah mendampingi Desa proklim.
Penghargaan tersebut diserahkan pada acara Apresiasi Program Kampung Iklim Tahun 2020 yang dilaksanakan di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Banjarbaru,Selasa (1/12/20)  dihadiri perwakilan dari 13 kabupaten/kota se Kalimantan Selatan.
Di Kalimantan selatan sendiri ada 15 Kampung iklim predikat utama yang mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan.
Selain 15 Kampung iklim utama, ada sebanyak 36 Kampung iklim kategori Madya dan 4 kategori Pratama. Bahkan satu Desa yakni Desa Jaro mendapat penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.
Apresiasi dan penghargaan berupa pemberian kendaraan roda tiga (Tossa) diberikan kepada Desa Batulicin irigasi Kecamatan Karang Bintang Kabupaten Tanah Bumbu,Desa Bumi Jaya Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut dan desa Jaro Kecamatan Jaro kabupaten Tabalong.dan Desa Danda Jaya kecamatan mandastana kabupaten Barito Kuala.
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kalimantan Selatan terus melakukan upaya menjaga lingkungan diantaranya pengurangan terhadap pemanasan global yang berasal dari emisi gas rumah kaca melalui penerapan program Kampung iklim.
Pada kesempatan itu diserahkan juga penghargaan kepada 18 mitra yang turut terlibat dalam memajukan proklim di Kalimantan Selatan, antara lain Bank Indonesia Kalimantan Selatan, PT Indofood Sumber Makmur, PT RBE, Pertamina, Bandara Syamsuddin Noor,PT Astra Indonesia.PT PLN wilayah kalselteng, PT Adaro Indonesia, PT Arutmin Indonesia, PT Pama persada Nusantara, PT Borneo Indo Bara, PT TIA/ PT Indocement Tunggal Prakarsa.
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan, Hanifah Dwi Nirwana menyampaikan, pada pemberian penghargaan ini, juga diberikan apresiasi pada dua pemerintah kabupaten yang ada di Kalimantan Selatan.
“Kita berharap semoga desa-desa yang telah menerapkan proklim bisa menularkan kepada desa lainnya,” ungkap Hanifah.
Apresiasi ini diberikan kepada pemerintah daerah telah menetapkan kebijakan/peraturan serta aktif melaksanakan pembinaan dan pendampingan untuk mendukung pelaksanaan ProKlim di wilayah setempat yang menjadi kontribusi nyata pemerintah daerah dalam pengendalian perubahan iklim. 
Rel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here