Dana Desa Tahap I Cair, Desa Mattone Bangun Jalan Baru Sepanjang 740 Meter.

0
98
Kepala desa Mattone Kampung Baru Andi Satria Jaya pencairan Dana Desa untuk program kesehatan Posyandu,posbindu dan insentif kader serta penanganan stunting,Jum'at 20 Maret 2020
Batulicin,WTol – Dana desa tahap I (pertama) tahun 2020 sebesar 40 persen,telah dicairkan di sejumlah Desa di Tanah Bumbu.
Berbeda dengan penyaluran dana desa tahap pertama tahun lalu yang dicairkan hanya sebesar 20 persen, tahun ini dana desa tahap pertama dicairkan langsung 40 persen.
Salah satu Desa yang telah menerima pencairan dana desa tersebut yakni Desa Mattone Kampung baru Kecamatan Kusan Hilir.
Desa Mattone Kampung Baru sendiri menerima pencairan dana desa tahap pertama tersebut sebesar Rp 381.483.200.
Kepala Desa Mattone Kampung Baru,Andi Satria Jaya, mengungkapkan,pencairan dana desa tahap pertama tersebut telah disiapkan untuk membiayai sejumlah kegiatan padat kerya di desa Mattone.
” Tahun ini ada pembangunan jalan baru di RT 4 sepanjang 740 meter dengan lebar 8 meter diberi nama Jln H.Andi Genggong,”terangnya
Dibidang infrastruktur lainnya berupa pembangunan drainase di Jalan Kapiten Lamattone Rt 01 sepanjang 86 meter dan di jalan Syuhada Rt 02 sepanjang 47 meter.
Selain itu tahun ini pembangunan jembatan titian ulin di jalan Lembae Rt 06 sepanjang 30×2 meter dan pembangunan jembatan beton di Gang Seroja Rt 05.
Selain pembangunan infrastruktur desa, program kesehatan berupa penanganan stunting, program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi balita dan lansia,sementara dibidang keagamaan diantaranya untuk pembayaran insentif guru mengaji.
“Penggunaan anggaran diutamakan untuk Program Dana Desa yang telah sesuai petunjuk teknis (Juknis) yang ada,ini yang langsung kita setujui.Adapun pekerjaan yang diluar itu akan dipertimbangkan oleh desa sebagai penguasaan anggaran,” tambah Andi
Menurutnya hal tersebut sesuai arahan Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor yang menegaskan penggunaan anggaran Dana Desa diserahkan sepenuhnya pengelolaannya kepada  desa,sehingga desa tahu mana program yang memang dibutuhkan oleh masyarakat.
Sementara itu terkait penyaluran dana desa, Pemerintah pusat telah menggelontorkan Total dana desa tahun 2020 sebesar Rp72 Triliun.
Sama seperti tahun sebelumnya, pola penyaluran dana desa dilakukan melalui tiga tahap,dimana tahun ini, penyaluran dana desa tahap I sebesar 40 persen,tahap II sebesar 40 persen dan tahap III sebesar 20 persen.
Prioritas penggunaan dana desa untuk pembangunan desa dialokasikan untuk mencapai tujuan pembangunan desa yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hldup manusia serta penanggulangan kemiskinan.
Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here