Cegah Stunting, Kader Posyandu Lombakan Kreasi Makanan Tambahan Ibu dan Bayi

0
87
Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor dan Ketua TP PKK Tanbu Hj Sadariah saat meninjau kegiatan Lomba Kader Posyandu,Sabtu (7/9/19)
Batulicin,WTol – Para kader posyandu di Kabupaten Tanah Bumbu mengikuti lomba kreasi Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berbahan pangan lokal yang sehat dan bergizi untuk  Ibu dan bayi.
Lomba tersebut salah satu rangkaian kegiatan jambore Kader Posyandu yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarkat Desa (PMD) di Halaman Kantor Bupati Tanbu,Sabtu (7/9/19)
Baca Juga : Sekda Sebut 8 Hal Penataan Birokrasi Menuju Good Governance
Lomba ini bertujuan meningkatkan kemampuan para kader posyandu dalam memberikan pelayanan gizi pada posyandu demi terciptanya keluarga sehat yang dimulai dari keluarga.
Pengetahuan kader yang kurang,mengenai manfaat pemberian dan variasi olahan PMT menjadi faktor penyebab kurang maksimalnya pencapaian tujuan dari pengadaan PMT untuk balita.
Kegiatan yang di isi dengan beberapa macam lomba ini dihadiri langsung Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor dan Ketua TP PKK Tanbu Hj Sadariah Sudian Noor,beserta sejumlah pejabat Pemkab.
Baca Juga : Sudian Noor : PNS Harus Berikan Pelayanan Penuh Masyarakat
Bupati Sudian Noor dalam kesempatan ini memberikan apresiasi dilaksanakannya beragam lomba kader posyandu ini, menurutnya,selain dapat menambah wawasan dan pengetahuan para kader posyandu, juga sebagai upaya memberikan motivasi para kader posyandu dalam menjalankan program kerjanya.
“Sebagai penggerak pembangunan kesehatan,peran kader posyandu sangat penting dalam upaya menjaga dan meningkatkan kesehatan ibu dan anak,”ucap Bupati.
Dalam kegiatan ini para kader posyandu juga diminta untuk mengedukasi masyarakat tentang makanan sehat.
Melalui lomba ini para kader posyandu juga diharapkan semakin sadar akan peningkatan kualitas gizi pada posyandu.
Baca Juga : Pelabuhan Batang Diramaikan Lomba Balap Perahu Ketinting Besar.
Dalam rangkaian kegiatan tersebut juga dilaksanakan lomba menimbang bayi, lomba penyuluh,lomba yel yel dan cerdas cermat kader Posyandu.
Pemberian Makanan Tambahan (PMT) adalah program bagi balita yang menderita kurang gizi yang bertujuan untuk meningkatkan status gizi anak serta untuk mencukupi kebutuhan zat gizi anak agar tercapainya status gizi dan kondisi gizi yang baik sesuai dengan umur anak tersebut.
*wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here