Cegah Korupsi,Aparatur Desa di Kecamatan Batulicin Dibekali Pengetahuan Tipikor

0
186
Batulicin – Aparatur Desa di Kecamatan Batulicin Tanah Bumbu mengikuti penyuluhan hukum Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) yang digelar Bagian hukum sekretariat daerah Kabupaten Tanah Bumbu,Kamis  (27/5/21) di Kecamatan Batulicin.
Kegiatan bertujuan untuk  meningkatkan pengetahuan aparatur Desa terkait tindak pidana korupsi guna mencegah penyalah gunaan Dana Desa.
Dalam paparannya,Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tanah Bumbu, Ni Gusti Made Utami, SH,  menyebutkan , beberapa modus yang sering terjadi dalam tipikor yang berpotensi merugikan keuangan negara.
Modus tersebut diantaranya berupa proyek fiiktif, maksud kegiatan tidak sesuai anggaran,membuat Mark Up/kebohongan,meminta uang sebelum proyek dilakukan dan membuka rekening atas nama instansi dengan penggunaan pribadi.
Dalam kesempatan itu, disampaikan juga sejumlah layanan berbasisi daring yang ada di Pengadilan negeri Tanah Bumbu.
Antara lain layanan E-Court, untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online, Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik, dan Persidangan yang dilakukan secara Elektronik.
Selain itu ada juga layanan Eraterang, untuk mengecek surat keterangan pernah atau tidak tersangkut hukum korupsi.
Layanan Vica, berguna mengecek info status perkara hukum dan juga bisa digunakan mengecek denda tilang kita.
Check In Kehadiran Online – tempat pengambilan no antrian untuk melakukan urusan di pengadilan.
Satkas, tempat masyarakat memberikan masukan/ saran dan kritik.
Siwas, tempat masyarakat melakukan pengaduan.
Dan juga layanan E-Survey,tempat masyarakat dapat memberikan survey secara online.
Senada itu,Kasi Datun Akhmad Ridwan, SH menyampaikan beberapa resiko dalam pengelolaan dana Desa diantaranya masih banyak aparat desa yang belum paham bagaimana menyusun perencanaan, Potensi penyelewenangan dan penyalahgunaan pengelolaan dana Desa oleh Perangkat Desa untuk kepentingan pribadi, serta ketidak pahaman perangkat desa tentang tata cara pengelolaan belanja sesuai ketentuan
Ia menambahkan,pembangunan desa tidak berjalan sesuai dengan perencanaan Itu sebagian dari resiko dalam pengelolaan dan Desa yang dapat merugikan keuangan negara.
Sementara itu, Camat Batulicin Samsir, SE . M.AP dalam sambutannya saat membuka kegiatan berharap para Kepala Desa dan Lurah memanfaatkan kegiatan ini untuk menimbah pengetahuan terkait tipikor. Camat juga berpesan agar melaksanakan kegiatan sesuai aturan mulai perencanaan,persiapan,pelaksanaan, monitoring dan pengawasan.
Hadir dalam kegiatan ini, Camat Batulicin, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Ibu Ni Gusti Made Utami, SH,
Sekcam Kecamatan Batulicin Drs. H. Abdul Wahid, M.M, Kasi intel Andi Akbar Sobari, SH, Kasi Datun Ahmad Ridwan, SH, Bagian hukum Sekretariat Daerah Erli Yuli Susanti, SH, MH dan Kepala Desa/Lurah Se-Kecamatan Batulicin dan Aparatur Desa.
Rel

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here