Camat Satui : 13.205 Jiwa Warga Terdampak Banjir Satui Telah Tertangani

0
162
Batulicin – Camat Satui,Abdul Rahim mengungkapkan, warga terdampak banjir yang terjadi sejak kamis (14/5/21) lalu Kecamatan Satui telah dievakuasi kelokasi pengungsian.
Setidaknya ada 3.860 Kepala Keluarga (KK) atau 13.205 jiwa terdampak banjir yang menggenangi lima desa itu. Warga telah diungsikan bekerja sama sejumlah pihak baik BPBD Tanah Bumbu, aparat TNI, Polri dan relawan ke tempat yang lebih aman.
“Posko induk telah dibangun di Koramil Satui serta pendirian dapur umum yang berada di Kantor Desa Sinar Bulan,” jelasnya
Pihaknya saat ini terus melakukan koordinasi dengan seluruh pihak terkait untuk bersama sama melakukan penanganan banjir diwilayah kecamatan Satui.
“Yang paling utama saat ini adalah evakuasi warga”, jelas Abdul Rahim.
Banjir di Kecamatan Satui yang terjadi tepat di hari raya Idul Fitri 1442 H itu telah menggenangi setidaknya 5 desa yakni Desa Satui Timur,Desa Sinar Bulan, Sungai Danau, Jombang dan Satui Barat.
Dari jumlah itu, tiga desa dinyatakan mengalami banjir terparah yakni Desa Sinar Bulan, Jombang dan Desa Sungai Danau.
Saat ini Pemerintah daerah telah menyiapkan dua tempat pengungsian yakni SMP 4 Desa Sinar Bulan dan Gedung Majelis Taklim Desa Sungai Danau.
Upaya penanganan warga di tempat pengungsian dilakukan dengan mendirikan dapur oleh Tim Tagana bersama Dinas Sosial menyalurkan logistik untuk warga yang terdampak banjir.
Bantuan berupa pakaian dan selimut juga telah disalurkan oleh Dinas Sosial, demikian juga bantuan logistik berupa air mineral, popok dan mie instan telah disalurkan oleh BPBD Tanbu.
Sebelumnya, Bupati Tanah Bumbu H Zairullah Azhar saat meninjau lokasi banjir di Kecamatan Satui, Jumat (14/05/21) menegaskan, Pemerintah daerah akan mewacanakan untuk merelokasi warga yang rawan terhadap banjir di wilayah Kecamatan Satui.
Mc/iw

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here