Camat Buka Rakor Sensus Penduduk 2020 Kecamatan Kuranji.

0
117
Batulicin,WTol – Camat Kuranji, Samsir, meminta  seluruh pihak terutama aparatur pemerintahan  di Kecamatan Kuranji meningkatkan koordinasi dalam mensukseskan pelaksanaan Sensus penduduk 2020.
Hal ini dikemukakan Samsir dalam rapat koordinasi lintas sektor bersama BPS Kabupaten, Muspika, Pejabat Kecamatan dan Staf, Kepala Sekolah SMAN 1 Kuranji, Kepala Desa dan Sekretaris Desa,Rabu (19/2/20)
“Pelaksanaan SP2020 ini sangat membutuhkan keterlibatan seluruh pihak,terutama aparat pemerintah wilayah mulai tingkat Desa/Kelurahan hingga Rukun Tetangga (RT) yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” ujar Samsir.
Karena itu Samsir berharap seluruh pihak dapat berperan dalam mengikuti Sensus Penduduk online serta dapat membantu menyebarkan dan mengajak penduduk untuk aktif mengisi Sensus Penduduk Online
Dikatakan kunci sukses penyelenggaraan SP2020 adalah koordinasi intensif pada pelaksanaan sensus penduduk online maupun wawancara.
“Kami berharap bapak ibu dapat membantu petugas untuk menlancarkan proses verifikasi dan pencacahan lapangan ini,” tambah Samsir.
Untuk mensukseskan SP2020 dirinya menginstruksikan kepada lurah dan kepala desa di Kecamatan Kuranji untuk memberi dukungan dalam kegiatan SP2020 dalam bentuk penyebarluasan informasi mengenai SP2020 di berbagai tempat, diantaranya seperti forum masyarakat dan termasuk Whatsaap Group
Dukungan lainnya membantu memasang dan menyebarkan publisitas SP2020 di berbagai tempat, diantara nya banner, poster, dan leaflet bahan untuk publisitas poster/leaflet akan di sediakan.
Memberikan arahan dan membuat surat edaran untuk ketua/pengurus RT untuk memberikan arahan mengenai perannya dalam SP2020 (contoh surat disediakan).
“Mari kita mengajak warga masyarakat untuk berpartisipasi dalam sensus Penduduk Online,”‘tandasnya
Sensus Penduduk 2020 akan dilaksanakan dalam dua periode, terdiri dari periode pertama yakni Sensus Penduduk Online,yaitu seluruh Penduduk Indonesia dapat secara aktif mengisikan data kependudukan secara mandiri melalui halaman website sensus.bps.go.id pada 15 Februari s.d 31 Maret 2020.
Sensus penduduk periode kedua yakni kegiatan verifikasi dan pencacahan yang akan di laksanakan pada tanggal 1 s.d 31 Juli 2020.
Sebelum dilakukan pencacahan lapangan akan di lakukan verifikasi lapangan pada kegiatan verifikasi lapangan, petugas sensus akan melakukan pengecekan keberadaan penduduk beerdasarkan daftar penduduk, pengecekan ke lapangan, dan penyisiran bersama ketua/pengurus satuan lingkungan setempat.
sementara pada tahap pencacahan, petugas sensus mendata penduduk yang belum melakukan Sensus Penduduk Online.
Berdasarkan Undang-Undang No 16 Tahun 1997 tentang Statistik dan Peraturan Pemerintah No 51 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Statistik, serta rekomendasi PBB mengenai Sensus Penduduk dan Perumahan.
SP2020 ini merupakan penyelenggaraan kegiatan pendataan lengkap seluruh penduduk Indonesia  yang ketujuh sejak tahun 1961 yang bertujuan untuk menyediakan data dan jumlah, komposisi, pesebaran, dan karakterestik penduduk Indonesia.SP2020 sebagai dasar dalam menetapkan perencanaan dan kebijakan pemerintah.
Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here