Bupati Zairullah Launching Program Belajar.Id, Persiapkan Generasi Cakap Berbahasa Internasional

0
118
TANAH BUMBU,WARTATANBU.CO.IDР(Adv Khusus) Bupati Tanah Bumbu, dr HM Zairullah Azhar menegaskan, Pemerintah Daerah  terus melakukan upaya peningkatan pelayanan pendidikan.
Salah satunya peningkatan kompetensi SDM tenaga pendidik khususnya para Kepala sekolah dan guru. Untuk itu bupati meminta para tenaga pendidik terus melakukan inovasi pelayanan pendidikan.
Hal itu disampaikan bupati saat pada launching Gebyar Festival Belajar.id yang digelar di Pendopo Serambi Madinah, Kantor Bupati Tanah Bumbu, Selasa (17/10/2023) siang.
Didepan 224 kepala sekolah TK, SD dan SMP se Tanah Bumbu bupati memberikan motivasi untuk terus melakukan inovasi pelayanan pendidikan untuk baik melalui peningkatan Informasi Teknologi (IT).
Untuk mendukung hal itu, saat ini, ia telah bekerjasama dengan pihak Briton untuk bahasa Inggris, dan saat ini sedang berproses untuk membangun kerjasama dengan China untuk bahasa Mandarin, begitu juga dengan bahasa Arab juga sedang dikomunikasikan.
” Kita ingin punya SDM yang serba bisa. Sebab itu, kami dari Pemerintah Daerah terus menggenjot pengembangan SDM untuk mencetak generasi pemimpin bangsa yang nanti berasal dari Tanah Bumbu, ” kata Zairullah.
Pengembangan IT harus terus dikembangkan dengan didukung SDM yang mumpuni. Kualitas guru harus ditingkatkan bila ingin mencetak generasi yang berhasil.
” Kualitas guru harus ditingkatkan. Kita akan bentuk SDM yang berkualitas seiring dengan perkembangan Teknologi. Kita berikan dukungan penuh,” katanya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanah Bumbu, Amiludin, mengatakan, akun belajar ID merupakan email pendidikan yang dibagikan oleh Kemendikbud Ristek yang digunakan guru dan siswa dalam berbagai platform pendidikan yang disediakan oleh Pemerintah.
Platform tersebut terdapat beragam materi pembelajaran, modul dan bahan ajar yang dapat membantu para guru dalam mempersiapkan materi pembelajaran yang berkualitas.
” Kita berkumpul ditempat ini dalam rangka penganugerahan Jawara Belajar.id Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu,” sebutnya.
Jawara Belajar Id tingkat Kabupaten Tanah Bumbu ini, lanjut Amiludin, dipilih berdasarkan beberapa katagori, diantaranya, pemanfaatan akun belajar Id, Uji kompetensi siswa tertinggi, penggunaan platform merdeka mengajar, praktik baik terbanyak dalam penggunaan alat TIK Chromebook, dan perencanaan bebasis data.
Dan perlu diketahui bahwa Daerah Jawara Belajar Id ini akan berlanjut ketingkat provinsi dan nasional. Bahkan saat ini, Tanbu diurutan 6 di Kalimantan Selatan.
Disebutkan Amiludin, prestasi akun belajar Id di Tanah Bumbu ini di antaranya untuk Aktifasi Akun Belajar Id presentase Kabupaten Tanah Bumbu mencapai 82,47 % per tanggal 15 Oktober 2023 dari 62.049 akun yang disediakan.
Dimana peringkat pemanfaatan akun tersebut di Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan berada diperingkat 6 dan di Tingkat Nasional sebagai peringkat 32.
Uji kompetensi google for edukasi, Tanah Bumbu berada pada peringkat 2 nasional dengan jumlah 13.000 yang lulus Uji Kompetensi, posisi ini sebagai peringkat 1 Kalsel.
Selain itu, pemanfaatan chromebook yang dibuat praktik baik, Tanah Bumbu berada pada peringkat 4 Nasional dan untuk provinsi berada pada peringkat 3.
“Pemanfaatan Platform merdeka mengajar, kita masih perlu peningkatan karena terdapat 1.539 akun guru yang belum mengeksplorasi, baik dalam proses, mulai belajar mandiri, belajar mandiri, eksplor aksi nyata dan asesmen murid serta perangkat ajar,”imbuhnya.
Dalam pemanfaatan platform merdeka belajar ini, ia sangat berharap kepada semua sekolah agar bisa memanfaatkan aplikasi ini secara maksimal.
” Kualitas pendidikan di Tanah Bumbu terus kita tingkatkan,”tutupnya.
Program SDSM Jadi Kegiatan Ekskul
Sebagai bentuk penghargaan Bupati Tanah Bumbu dr HM Zairullah Azhar, memberikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan yang kini membantu terlaksananta program SDSM.
Berkat peran Disdik, kini program satu masjid yang sebelumnya hanya sekitar 100an masjid yang aktif kini sudah sangat meningkat diatas 200an masjid yang dimakmurkan setiap  harinya.
Program SDSM yang menjadi salah satu ekstrakurikuler di sekolah menjadi nilai tambah bagi siswa-siswi di sekolah.
Mereka juga akan dibimbing didampingi guru selama melaksanakan program SDSM tersebut.
” Harapan kita kedepan anak-anak kita banyak yang sukses dan makin cerdas dengan adanya progran SDSM ini,” katanya. (adv/wt).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here