Bupati Tanbu Pimpin Apel Siaga Bencana

0
213
Batulicin,Wartatanbu.co.id – Bupati Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar meminta seluruh pihak terutama personil BPBD agar bersikap lebih waspada terhadap kemungkinan munculnya bencana alam.Baik berupa banjir, tanah longsor maupun gelombang air pasang (rob).
Seruan itu disampaikan Bupati dalam apel siaga bencana di halaman Kantor bupati, Selasa (7/12/21) pagi.
“Memasuki musim hujan ini, biasanya sangat rentan terjadi bencana. Untuk itu, saya minta personil dan petugas penanggulangan bencana lainnya bersikap lebih waspada,” tegasnya.
Acara apel siaga bencana juga dihadiri sejumlah perwakilan FKPD Tanah Bumbu, Hadir pula Sekda H Ambo Sakka, Kepala pelaksana BPBD Eryanto Rais dan sejumlah pejabat terkait lainnya.
Apel siaga bencana juga menghadirkan berbagai instansi, dan relawan yang selama ini terlibat dalam penanganan bencana.
Bupati menyatakan, berdasarkan pengalaman menghadapi bencana tahun tahun sebelumnya,seharusnya semakin meningkatkan kewaspadaan terkait mitigasi bencana diwilayah ini.
Sebab datangnya bencana alam ini tidak bisa diprediksi kapan datangnya.
“Untuk itu, sikap waspada selalu kita lakukan agar bisa mempercepat upaya penanganan. Tidak lupa, koordinasi dengan instansi terkait lainnya juga rutin diperlukan,” katanya.
Pemerintah daerah lanjut bupati,telah berupaya untuk meminimalkan terjadinya bencana alam dan penanganan bencana. Sejauh ini, lanjut bupati,pemerintah daerah sudah cukup banyak melakukan langkah dalam kaitannya dengan penanganan bencana tersebut.
” Baik sarana dan prasarana,mitigasi bencana hingga penanganan jika terjadi bencana. Warga yang tak mau direlokasi dari tempat rawan banjir maka kita  bantu meninggikan rumah mereka,”imbuhnya.
Upaya monitoring kondisi lapangan perlu terus dilakukan setiap saat. Harapannya, jika terjadi bencana bisa meminimalisir korban, baik jiwa maupun harta benda.
“Pemerintah daerah juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh pihak, TNI Polri dan instansi alinnya serta masyarkat,”
Bupati juga meiminta jajaran Kecamatan dan desa untuk meningkatkan koordinasi memberikan langkah penyiapan pencegahan dan penanganan bencana.
Dengan langkah langkah kesiapan itu lanjut bupati, menjadikan Kabupaten Tanbu masih yang terbaik penanganan bencana di Kalimantan Selatan. (Wtol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here