(Video) Bupati Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2018

0
115

Batulicin,WTOL – Bupati Tanah Bumbu menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Akhir Tahun Anggaran 2018.
LKPJ tersebut ditandai dengan penyerahan oleh Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor kepada Wakil DPRD Kabupaten Tanah Bumbu H. Alfia Rahman dalam Paripurna LKPJ tersebut di Gedung DPRD Tanbu Senin (25/03/2019).
Bupati menyampaikan, setelah berakhirnya pelaksanaan Tahun Anggaran 2018, Bupati Tanah Bumbu kembali berkewajiban untuk menyampaikan LKPJ Tahun 2018, kehadapan Pimpinan dan para Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah melalui rapat paripurna.
Hal ini lanjutnya ingin melaporkan kemajuan penyelenggaraan pemerintahan dan hasil kinerja pembangunan, yang telah dicapai selama satu tahun anggaran.
“LKPJ Bupati Tanah Bumbu Tahun 2018, merupakan pemenuhan pelaksanaan undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dan Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2007 tentang LPPD kepada Pemerintah, LKPJ Kepala Daerah kepada DPRD dan Informasi LPPD kepada masyarakat,” kata Bupati.
Hal terpenting tambah dia, bahwa tujuan penyampaian ini, adalah pemberian keterangan Bupati kepada DPRD Kabupaten Tanah Bumbu.
“Hal ini menyangkut pelaksanaan tugas-tugas desentralisasi, tugas pembantuan, dan tugas umum pemerintahan selama tahun 2018, yang merupakan tahun ketiga pemerintahan Bupati H. Sudian Noor, sisa masa jabatan tahun 2016-2021,” imbuhnya.
Sambungnya, LKPJ Bupati merupakan progress report atau laporan perkembangan, atas pelaksanaan tugas dan pencapaian kinerja selama tahun 2018, sekaligus merupakan akuntabilitas bersama, antara kelembagaan Pemerintah Daerah dan DPRD.
Hal demikian terangnya, merupakan konsekuensi atas berbagai kesepakatan bersama untuk memenuhi kebutuhan dan aspirasi warga, yang telah dituangkan dalam APBD Kabupaten Tanah Bumbu tahun anggaran 2018.
Kemudian, pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Tanah Bumbu, pada tahun 2018 mengacu pada dokumen perencanaan pembangunan Kabupaten Tanah Bumbu, yaitu Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2018.
Sedangkan RKPD Tahun 2018, merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2016-2021, yang telah ditetapkan melalui Peraturan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, Nomor Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2016.
“Sebagaimana telah diubah dengan Perda Nomor 12 Tahun 2018, tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2016-2021,” tandasnya.
Prioritas pembangunan daerah, merupakan dasar penetapan rencana kerja pemerintah daerah Tahun 2018, yang ditetapkan dengan mengacu kepada visi dan misi Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2016-2021.
Disamping itu untuk mengukur keberhasilan pembangunan, maka setiap misi pembangunan, sesuai dengan kerangka prioritas RPJMD 2016-2021, maka ada 5 prioritas yang dijabarkan dalam RKPD Tahun 2018, dengan tujuan untuk menjawab semua tantangan, dan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu, sebagai berikut :
“Pembangunan ekonomi Daerah Berbasis Ekonomi Kerakyatan; Pembangunan pusat ekonomi maritim; Pembangunan Sumberdaya Manusia; Pengembangan Tata Kelola Pemerintahan; dan Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Hidup Berkelanjutan,” terangnya. 
Wn/mc/wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here