Bupati Buka Mappamula Gau Mappanre Ri Tasi

0
78
Batulicin – Bupati Tanah Bumbu, abah HM Zairullah Azhar membuka kegiatan Mappamula Gau mengawali Event budaya Mappanre Ri Tasie yang berlangsung di Panggung utama Pantai Pagatan, Selasa (12/4/22) sore.
“Mengawali kegiatan event budaya ini mari kita selalu mengharap ridha Allah Swt,semoga masyarakat nelayan Tanah Bumbu terus bertambah rezeki mereka,”ucap Zairullah membuka kegiatan.
Pembukaan kegiatan ini juga dirangkai dengan silaturahmi bersama masyarakat Pagatan Kusan hilir dengan melaksanakan buka puasa bersama,tausiyah dan shalat maghrib berjamaah.
Pelaksanaan event budaya Mappanre ri tasie menurut bupati merupakan kegiatan budaya yang dikemas bertujuan membangun etika adat dan budaya yang telah menjadi kesatuan yang harus terpelihara sebagai bentuk kearifan lokal warisan budaya.
” Kita bersama mendukung apa yang telah digagas oleh Lembaga ade ogi Pagatan ini dalam rangka membangun generasi yang beradab beretika dan tentu berintelektual melalui kearifan lokal budaya bahari ini,”
Event budaya mappanre rintasie tidak hanya menjadi  bentuk kesyukuran masyarakat nelayan terhadap melimpahnya tangkapan ikan namun juga memiliki makna mendekatkan diri dengan alam dalam bentuk peduli dan menjaga lingkungan sekitar.
Sementara itu,Ketua Lembaga Ade Ogi Pagatan, Fawahisah Mahabbatan menjelaskan, event budaya mappanre ri tasie tahun ini dikemas berbeda dengan sebelumnya.
Selain kegiatannya lebih bernuansa religi,waktu pelaksanaanya juga lebih lama akan berlangsung selama 2 bulan kedepan.
“Tahun ini memang dikemas berbeda dengan sebelumnya, dikemas lebih religi namun tidak meninggalkan unsur budaya etika adab dan intelektual sebagai sebuah kearifan lokal,” ujarnya.
Selain itu lanjut Fawa,pelibatan masyarakat juga sangat ditonjolkan sejak dimulainya persiapan kegiatan mappanre ri tasie dengan melibatkan masyarakat nelayan,petani komponen masyarkat lainnya.
” Ya istimewanya misalnya tukang atap daun mereka akan terlibat langsung mendirikan kios kios pedagang sehingga ini ada sisi ekonomi bagi mereka,ada pendapatan tukang belta,tukang becak dan buruh mereka betul menjadi bagian dari kegiatan ini,”pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here