BUMDes Tibarau Panjang Pasarkan Hasil Panen Petani

0
103
Batulicin,Wartatanbu.co.id – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tibarau Panjang di Kecamatan Kusan Hulu mengelola usaha pengemasan hasil panen petani setempat.
Dalam menjalankan usaha itu, pengelola BUMDes mengumpulkan padi petani kemudian diproses dari penggilingan hingga pengemasan. Selanjutnya padi yang sudah dikemas di pasarkan kesejumlah toko.
Maskanah, pengelola BUMDes mengungkapkan, usaha pengemasan padi ini telah dipasarkan hampir di seluruh wilayah Tanah Bumbu.
“Pengiriman yang terbesar dikirim ke wilayah Kecamatan Kusan Hilir, khususnya di Pasar Bumi Pangeran Pagatan,” katanya.
Dikatakan, usaha pengemasan padi yang dikelola BUMDes Tibarau panjang selain bertujuan mendatangkan pendapatan bagi desa sekaliguas untuk membantu para petani dalam memasarkan hasil panen mereka.
Salah satu usaha di bidang pertanian adalah Kelompok Tani binaan Yayasan Hayatusyarif yang memproduksi beras Sungai Kusan dengan slogan sehat, tanpa pengawet dan tanpa pemutih, yang dikemas dengan berat 3 kg.
Ia menyampaikan bahwa setiap kemasan, memiliki kualitas beras yang berbeda dengan harga beras yang berbeda pula.
“Beras yang memiliki kualitas yang terbaik adalah beras Sungai Kusan dengan harga mencapai Rp. 45.500 per kemasan,” terangnya.
Salah satu kendala menjalankan usaha ini adalah saat produksi padi petani menurun akibat dampak banjir yang sering terjadi.
Seringkali akibat banjir mengakibatkan gagal panaen yang berdampak turunnya produksi padi petani.
Ia berharap, ke depannya usaha pertanian di Desa Tibarau Panjang dapat terus berjalan dengan lancar, tidak mengalami gagal panen lagi dan usahanya semakin sukses yang tersebar luas. (Zd/wtol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here