BPPRD Tanbu Optimis Capai Target PAD 2020

0
204
Batulicin,wartatanbu.co.id – Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dikelola oleh Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kab Tanah Bumbu diprediksi mengalami penurunan di tahun ini.
Penurunan tersebut diakibatkan dampak dari pandemi Covid 19 yang hampir melanda diseluruh sektor.
“PAD tahun ini mengalami penurunan dibandingkan pada periode 2019 yakni Rp 147, 6 milyar lebih,” terang Plt. Kepala BPPRD H. Edwar Rusandi melalui Kabid Pembukuan dan Pelaporan, H. Akhmad Fitriadi, Senin (9/12/20) di Batulicin
Meski demikian Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah optimis Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tanbu optimis bersumber dari retribusi, pajak dan lainnya itu bisa tercapai.
“PAD 2020 ditargetkan mencapai Rp 145,7 milyar lebih,” tambahnya
Ia menjelaskan,realisasi PAD hingga triwulan ketiga, telah mencapai 74,50 persen terhitung sejak Januari hingga Oktober 2020. Sedangkan periode berikutnya masih dalam proses input data.
Dikatakan, penyumbang pendapatan daerah saat ini terbesar periode 2020 dihasilkan dari pendapatan RSUD dr H Andi Abdurrahman Noor mencapai 42 persen dari total pencapaian hingga sat ini.
Selain itu,pendapatan lainnya juga bersumber dari pajak lain seperti transaksi jual beli tanah, pajak penerangan jalan, pajak restoran, hotel, tempat hiburan, air tanah, mineral bukan logam, reklame, Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (PHTB), PBB serta retribusi.
BPPRD juga mencatat beberapa sumber pendapatan terbesar di Tanah Bumbu juga dihasilkan dari lain lain yang sah seperti deviden, Bank Kalsel, gantirugi hasil penjualan lelang aset, penerimaan jasa giro dan dana kapitasi jaminan kesehatan nasional dan pendapatan BLUD.
Wtol/zd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here