BPPRD dan KPP Pratama Batulicin Teken MOU Optimalisasi Pajak Daerah

0
209
Batulicin – Pemkab Tanah Bumbu melalui Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) telah menyepakati Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Batulicin guna mengoptimalkan pemungutan pajak daerah.
Plt Kepala BPPRD Tanah Bumbu, Andrianto Wicaksono mengatakan, kesepakatan dalam bentuk MoU dengan KPP Pratama Batulicin tersebut merupakan komitmen bersama untuk mengoptimalkan pemungutan pajak daerah terhadap tempat usaha yang beroperasi di wilayah Tanah Bumbu.
“Kerjasama mengoptimalkan pelaksanaan pertukaran, pemanfaatan data dan informasi perpajakan, data perizinan, dan data atau informasi lainnya guna mengoptimalkan penyampaian data informasi keuangan daerah,termasuk pengawasan bersama atas kepatuhan wajib pajak,” jelasnya
Namun menurutnya, jalinan MoU tersebut belum bisa mendapatkan payung hukum yang kuat, maka dari itu pihaknya dengan KPP Pratama akan terus melakukan pembahasan lebih lanjut terkait isi pokok poin perjanjian dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama (PKS).
Tujuan lain yang ingin dicapai melalui kerjasama itu termasuk mengoptimalkan pemanfaatan program atau kegiatan peningkatan pelayanan perpajakan kepada masyarakat, meningkatkan pendampingan dan dukungan kapasitas di bidang perpajakan, dan meningkatkan pengetahuan serta kemampuan aparatur di bidang perpajakan.
” Kita berharap, kedua pihak dapat menerima sumber data yang penting untuk pengawasan kepatuhan pajak antara lain data kepemilikan dan omzet usaha, data izin mendirikan bangunan, data usaha pariwisata, data usaha pertambangan, data usaha perikanan, dan data usaha perkebunan,” tambahnya
Selanjutnya, pemerintah daerah juga akan menerima data dari KPP Pratama Batulicin untuk kepentingan pengawasan pajak daerah.
Selain menjalin PKS dengan KPP Pratama Batulicin, BPPRD Tanah Bumbu juga mewacanakan hal serupa dengan Kejaksaan Negeri Tanah Bumbu untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam hal kepatuhan membayar wajib pajaknya.
Zd/wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here