BPBD Tanbu Gelar Apel Siaga Bencana,Libatkan 500 Personil.

0
182

Batulicin,WTol – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu menggelar apel siaga bencana.
Apel melibatkan sekitar 500 peserta dari berbagai intansi pemerintahan dan organisasi serta relawan lainnya di kabupaten Tanah Bumbu.
Apel siaga bencana dihadiri Staf Ahli Bupati,HM Thaha dan sejumlah pejabat Forkopimda Tanbu.
Kegiatan apel siaga dipusatkan di Halaman Panggung pantai pagatan, Kusan Hilir, Rabu (15/1/20) dengan peserta apel terdiri dari Personil TNI Polri, Satpol PP Damkar, Tagana,SAR Kotabaru,TRC Wahana, Dishub, Dinas Sosial,PMI,Tim Rescue Perusahaan,Manggala Agni,Pramuka Peduli,Relawan Desa Tangguh Bencana dan Tim MPA
Baca Juga : Bupati Imbau Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan Bencana.
Dalam apel siaga bencana itu juga dilakukak gelar peralatan dan simulasi penanggulangan bencana berupa tindakan pertolongan pertama pada korban bencana.
Kepala Pelaksana BPBD Tanbu Eryanro Rais,diwakili Kabid Kesiapsiagaan dan kedaruratan, Abd Rahim,mengatakan,masih tingginya curah hujan dalam beberapa bulan kedepan menuntut semua pihak bersama sama meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi akan terjadinya bencana,baik bencana banjir,tanah longsor juga bencana  kebakaran maupun bencana alam lainnya.
“Kalau rawan banjir hampir seluruh kecamatan,terutama untuk wilayah pesisir pantai seperti Kecamatan Angsana,Satui dan Simpang Empat,”tegasnya
Untuk itu ia mengharapkan upaya antisipasi bencana tersebut sangat dibutuhkan peran aktif dari semua pihak dan ini merupakan tanggungjawab bersama.
Menurutnya, bercermin kejadian bencana banjir tahun 2019 yang merendam hampir 2000 Ha lebih sawah petani dan terdampak banjir, ia menegaskan intensitas hujan yang cukup tinggi yang mengguyur kawasan Tanah Bumbu dikhawatirkan dapat memicu terjadinya bencana banjir.
Data BMKG menyebutkan potensi rawan banjir skala menengah masih berpotensi terjadi di wilayah Kalsel,termasuk di Tanah Bumbu.
“Di Tanah Bumbu potensi banjir ada di Kecamatan Batulicin sebagai Daerah Aliran Sungai (DAS) Batulicin dan Kecamatan Kusan Hulu yang merupakan DAS Kusan,” tegasnya
Tambahnya lagi, mengantisipasi bencana banjir pihaknya mendirikan posko induk dan posko posko bencana di masing masing Kecamatan.
Baca Juga : Disdukpencapil Gratiskan 100 Perkara Akta Pencatatan Sipil.
Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu, H Sudian Noor diwakili Staf Ahli Drs HM Thaha,dalam sambutannya mengatakan, letak geografis dan kondisi geologi Kab Tanah Bumbu menjadi tingkat kerawanan terjadinya bencana banjir.
” Belajar dari kejadian banjir 2015-2019 kemarin kita harus melakukan evaluasi dan kewaspadaan dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan bencana tahun ini,” tegasnya
Untuk itu Bupati meminta kepada BPBD Kab Tanbu dan seluruh unsur pelaksana penanggulangan bencana harus selalu waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan melalui sosialisai dan deteksi dini bencana.
” Posko posko yang ada ditiap kecamatan berserta personil agar selalu siap siaga,sehingga jika sewaktu waktu terjadi bencana segera dapat bekerja secara cepat tepat dan efektif,” pungkasnya.
Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here