Blangko E-KTP Langka Disdukcapil Tanbu Terbitkan 5300 Suket

0
70
Batulicin,WTol – Langkanya Blangko KTP elektronik (E-KTP)  yang hampir terjadi di seluruh daerah di Indonesia juga dirasakan dampaknya di Kabupaten Tanah Bumbu.
Menyikapi kelangkaan blanko tersebut,Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tanbu telah melakukan langkah antisipasi agar pelayanan masyarakat yang memerlukan EKTP tidak terganggu dengan kondisi tersebut.
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) melalui Kabid Pendaftaran Pendudukan,Des Rizal,mengatakan sesuai edaran dari Kemendagri pembuatan KTP elektronik diprioritaskan bagi masyarkat yang belum pernah memiliki EKTP.
“Saat ini Disdukcapil memprioritaskan pencetakan eKTP untuk masyarakat yang belum pernah memiliki eKTP ataupun juga untuk keperluan yang dianggap mendesak,” sebut Des Rizal,Selasa (24/09/19).
Baca Juga : 87 Ribu Anak Di Tanbu Telah Miliki Kartu Identitas Anak
Sedangkan untuk penggantian E KTP karena rusak, hilang atau perubahan elemen data kependudukan lainnya menurut Rizal,maka akan dibuatkan Surat Keterangan (Suket) Pengganti Tanda Identitas.
” Hingga hari ini ada sekitar 5.300 surat keterangan (Suket) pengganti sementara EKTP yang sudah diterbitkan,”tambahnya.
Baca Juga : Bupati Buka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Ketua RT Se-Tanbu
Baca Juga : Bupati Sudian Noor Serahkan Bantuan Lansia
Meskipun demikian tambahnya,suket ini tetap tercatat dan didokumentasikan dalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan.
“Kita hanya dapat 500 blangko perbulan,dengan rata rata pengurusan eKTP  dengan cetak suket sehari mencapai 100 lembar jumlah itu sangat kurang,” imbuhnya.
Hingga saat ini Kementerian Dalam Negeri melalui Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil telah mendistribusikan sebanyak 16 juta keping blangko keseluruh Kabupaten/kota di Indonesia namun jumlah ini dinilai masih kurang yang mengakibatkan langkanya blangko eKTP disejumlah daerah.
*wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here