Besok Pilkada Serentak 2018, KPU Sebut Seluruh Persiapan Hampir Final

0
164

JawaPos.com – 27 Juni 2018 pemilihan kepala daerah serentak 2018 akan segera dimulai. Berbagai persiapan tak hanya dilakukan paslon peserta pemilu, penyelenggara pemilu pun turut melakukan seluruh persiapan penunjang pencoblosan untuk esok hari.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra menyebut, persiapan untuk menghadapi perhelatan akbar lima tahunan itu dinilainya sudah hampir rampung. Di antaranya mengenai kesiapan logistik pemungutan suara di 171 daerah dalam 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten.

“Sudah hampir final, kita sedang upayakan hari ini sampai di tempat,” kata Ilham kepada wartawan, Selasa (26/6).

Tak hanya itu, Ilham pun memastikan kesiapan personel Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), hingga Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dari provinsi, kabupaten/kota telah siap. Ia pun menyebut tak ada personel yang telah terdaftar malah memutuskan mengundurkan diri.

“Belum ada laporan,” ucap Ilham.

Selain kesiapan logistik dan personel, Ilham menyebut tahap distribusi anggaran di KPU provinsi dan kabupaten/kota pun telah tahap finalisasi. Diketahui, pencairan anggaran ke daerah memang dilakukan secara bertahap. Pencairan dana terakhir pun dinilainya telah hampir seluruhnya di distribusikan.

“Sudah 90 persen,” ucapnya.

Saat disinggung mengenai pilkada yang menghadirkan calon tunggal, Ilham menyebut saat ini sengketa di daerah-daerah tersebut dinilainya telah ada. Adapun saat ini pilkada yang dipastikan paslon tunggal berjumlah 16 daerah.

“Sudah tidak ada (sengketa),” tutupnya.

(aim/JPC)

Sumber : Jawa Pos

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here