Bapenda Catat Penerimaan Pajak Triwulan I Capai 32,93 Persen

0
81
Processed with Focos
Batulicin – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Tanah Bumbu mencatat penerimaan pajak pada triwulan pertama mencapai 32,93 persen.
Adapun pendapatan daerah dari sektor pajak tersebut meliputi pajak Hotel, Restoran, Hiburan, Reklame, PAT, SWB, Parkir, PPJ, MBLB, PBB-P2 dan BPHTP. 
Kepala Bapenda Tanah Bumbu, Andrianto Wicaksono melalui Sekretaris Badan, H. Akhmad Fitriadi menyebutkan dari 11 pajak daerah tersebut terdapat tiga pajak daerah yang memiliki pendapatan tertinggi.
“Pajak daerah tertinggi di antaranya pajak hiburan dengan angka persentase mencapai hingga 64,24 persen,” sebutnya, dikutip RSB, Selasa (17/5/22).
Selanjutnya,penerimaan pajak daerah yang berada pada urutan kedua adalah pajak hotel dengan angka persentase mencapai hingga 46,73 persen.
“Ini didukung dengan dipasangkannya alat di setiap hotel yakni berupa tapping box sehingga dapat mempermudah pembayaran,” imbuhnya.
Adapun penerimaan pajak tertinggi ketiga yakni pajak restoran, sama dengan pajak hotel, dimana pajak ini juga menggunakan alat tapping box, sehingga pencapaiannya pun terbilang tinggi, yakni sebesar 41,04 persen. 
Selain itu, ia juga menyebutkan angka persentase dari semua pajak daerah, di antaranya pajak reklame mencapai sebesar 27,30 persen, kemudian pajak PAT sebesar 16,44 persen. 
Berikutnya, pajak SBW pencapaiannya 17,11 persen, pajak Parkir 34,18 persen, pajak PPJ 35,49 persen serta pajak BPHTB mencapai 44,66 persen.
Meski demikian, terdapat dua pajak yang memiliki pencapaian terendah yaitu pajak MBLB dan pajak PBB-P2 berturut-turut pencapaian pajak tersebut baru menyentuh angka 5,54 persen dan 4,67 persen. 
Berdasarkan capaian data tersebut, Fitriadi mengatakan, untuk mendongkrak pendapat daerah maka akan dibentuk tim koordinator penagihan di lapangan khususnya untuk pajak terendah.
Ia berharap dari 11 pajak yang ada di Tanah Bumbu mampu mencapai target yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah. (Dsy/Zhd).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here