Bangun 1.714 Unit Septic Tank,PUPR Tanbu Gelar Bimtek TFL

0
142

Batulicin,WTol –
Pemerintah Kab Tanbu melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menggelalar Bimbingan Teknis (Bimtek) Bagi Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) Program pemenuhan pelayanan dasar SPM Sanitasi di Hotel Medina Pagatan,Senin (2/3/20)
Bimtek yang dibuka langsung Staf ahli bidang ekonomi keuangan dan pembangunan,Setda Tanbu Andi Aminuddin tersebut bertujuan memaksimalkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang berkaitan dengan sanitasi, air bersih kondisi lingkungan dan lainnya.
Kepala Dinas PUPR Kab Tanah Bumbu,Ansyari Firdaus melalui Kabid Cipta Karya Fery Haryanto,melaporkan,ada beberapa daerah yang terdata dalam TFL, yakni sembilan kecamatan dengan 20 TFL di Tanah Bumbu.
20 TFL tersebut terdiri dari 10 orang sebagai pelaksana teknis dan 10 bimbingan administrasi.
“Untuk program penanganan air limbah domestik berupa pembuatan tangki septik individual sebanyak 1.714 unit dan Ipal Komunal dan kombinasi MCK sebanyak 2 unit,”terangnya
Adapun 9 Kecamatan tersebut diantaranya, Kecamatan Satui,Sungai Loban, Angsana,Kuranji, Kusan Hilir, Kusan Hulu, Karang Bintang,Mantewe dan Kecamatan Batulicin.
Sedangkan anggaran dana DAK Sanitasi mencapai Rp 9,8 Miliar dengan pelaksanakan tahun 2020 sudah berjalan.
Sementara itu Bupati Tanah Bumbu H Sudian Noor dalam sambutannya di bacakan Staf ahli bidang Ekonomi keuangan dan pembangunan A Aminuddin,menyambut baik digelarnya bimtek tersebut.
Menurutnya,pelaksanaan kegiatan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tersebut sangat memerlukan peran Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) dalam menentukan Keberhasilan kegiatan sanitasi lingkungan didesa.
” Tenaga Fasilitator Lapangan,tidak hanya dituntut memiliki kemampuan teknis namun juga kemampuan manajerial sebagai tenaga yang handal dan profesional,”ucapnya
Melalui bimtek ini bupati berharap pelaksanaan program kegiatan sanitasi lingkungan tersebut dapat berjalan sesuai rencana dan sesuai dengan kualitas pekerjaan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat di Bumi Bersujud.
Hadir juga dalam pembukaan bimtek, Kepala Dinas Kesehatan Kab Tanbu, Kepala Dinas Sosial,sejumlah Camat dan Kepala desa.
Bimtek bagi tenaga fasilitator lapangan tersebut berlangsung selama tiga hari yakni tanggal 2-4 Maret 2020. Narasumber dari Balai prasarana pemukiman wilayah Kalimantan Selatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here