Balai Karantina Pertanian Kelas I Banjarmasin Periksa Hewan Ternak Yang Masuk Melalui Pelabuhan ASDP Batulicin

0
190
Batulicin – Balai Karantina Pertanian Kelas I Banjarmasin, menggelar operasi patuh terpadu di Pelabuhan ASDP Batulicin, Rabu (21/4/21) malam.
Operasi patuh terpadu melibatkan personil Kepolisian,KSOP dan ASDP Batulicin itu dalam rangka memperketat pengawasan lalu lintas hewan dan tumbuhan di tempat kedatangan kapal di Pelabuhan ASDP Batulicin.
Petugas memeriksa setiap kendaraan yang mengangkut hewan dan hasil pertanian yang turun dari KM Awu Awu asal pelabuhan Barru Sulawesi Selatan yang sandar di pelabuhan ASDP Batulicin.
Kepala Sub Koordinator Substansi Pengawasan dan Penindakan Kantor Balai Karantina Pertanian Kelas I Banjarmaisn,Lulus Riyanto mengatakan,patroli pengawasan yang dilakukan sebagai bentuk upaya preventif pencegahan pelanggaran aturan karantina seperti memasukan komoditas hewan dan tumbuhan secara ilegal atau tanpa surat resmi.

“Ini kegiatan patroli terpadu yang rutin digelar diwilayah kerja Batulicin bersama sejumlah instansi terkait,terutama menjelang hari raya idul fitri 1442 H dimana kebutuhan bahan pangan masyarakat meningkat,” ujarnya kepada awak media.
Dirinya mengatakan,pemeriksaan tersebut guna memastikan dan memberikan jaminan keamanan bahan pangan bebas dari penyakit hama hewan dan tumbuhan.
” Data di wilayah kerja Batulicin dalam empat bulan terakhir telah melampau jumlah pemasukan ditahun 2020 lalu yang hanya 1200 lebih. Sampai 18 April kemarin saja tercatat ada 1.500 lebih hewan besar (Sapi) yang telah melalui pemeriksaan karantina,” imbuhnya
Dari hasil peneriksaan pihaknya memastikan seluruhnya telah memenuhi syarat masuk di wilayah Kalimantan Selatan.
” Ya tentunya dengan operasi patuh karantina terpadu ini diharapkan akan memberikan rasa aman kepada masyarakat sebagai konsumen dengan adanya sertifikat kesehatan hewan maupun hasil pertanian layak konsumsi,” tandasnya
Patroli bersama ini selain dilaksanakan di Pelabuhan ASDP Batulicin juga dilaksanakan di Pelabuhan Samudera Batulicin.
Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here