Balai Karantina Pertanian Banjarmasin Gelar Operasi Patuh di Pelabuhan ASDP Batulicin

0
114
Batulicin – Balai Karantina Pertanian Banjarmasin menggelar operasi patuh karantina di Pelabuhan ASDP Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu,Rabu (13/4/22) sore.
Adapun sasaran dari operasi patuh kali ini adalah pemeriksaan muatan kapal KM Awu Awu dari Sulawesi Selatan yang masuk ke wilayah Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu.

Kepala Sub Koordinator Pengawasan & Penindakan Karantina Pertanian Banjarmasin Lulus Riyanto mengatakan, operasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terkait kekarantinaan.
Menurutnya,pengawasan tersebut terkait media pembawa hama dan penyakit hewan maupun organisme pengganggu tumbuhan.
” Untuk memastikan adanya jaminan kesehatan baik produk produk hewan maupun tanaman sudah memiliki bukti dokumen sertifikasi dari daerah asal,” ujarnya.
Lulus menilai terjadi peningkatan kepatuhan para pengguna jasa karantina dibuktikan dengan bukti dokumen sertifikasi daerah asal.
Pelaksanaan operasi ini lanjutnya berdasarkan amanah UU Nomor 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan dan juga pengawasan dan pengendalian lalulintas Tanaman dan Satwa Liar (TSL) sebagaimana mengacu pada UU No 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam.
“Alhamdulillah ada peningkatan kesadaran masyarakat, pemeriksaan hari ini tidak ditemukan adanya pelanggaran penumpang yang membawa produk produk baik hewan maupun tanaman semuanya dilengkapi dengan surat pemeriksaan karantina,” pungkasnya.  (Wtol).
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here