Balai Benih Ikan Pulau Salak Direhab, 2020 Targetkan Produksi 700 Ribu Benih.

0
76
Batulicin,WTol – Bangunan UPT Balai Benih Ikan (BBI) Pulau Salak di Kecamatan Kusan Hilir,saat ini tengah dilakukan rehab yang diperkirakan rampung akhir tahun ini.
Rehab bangunan ini membuat operasional di Balai Benih Ikan ini untuk sementara berhenti berproduksi.
Kepala UPT BBI Pulau Salak,M Rizwan mengungkapkan,rehab dilakukan untuk menambah kapasitas pembibitan benih yang diperkirakan rampung akhir tahun ini.
“Untuk saat ini produksi benih sementara terpaksa kami hentikan menunggu rampungnya rehab bangunan dan sarana dibalai ini,”terangnya
Baca Juga : Nelayan Terima Bantuan Mesin Ketinting dan GPS
Rizwan menambahkan,seiring perluasan kolam pembibitan ini dirinya memastikan akan ada peningkatan produksi benih.
“Diperkirakan tahun 2020 kita mampu memproduksi sampai 700.000 benih bahkan mungkin lebih, karena ada penambahan 10 bak yang dapat dimanfaatkan lagi secara optimal,”ujarnya,Jum’at (27/9/19)
Ia mengatakan berdasarkan data produksi dua tahun terakhir terus mengalami peningkatan, di tahun 2018 ada sebanyak 335.000 ekor benih udang galah dan yang terjual ke masyarakat sebanyak 287.350 ekor.
” Kebanyakan diserap oleh pembudidaya lokal Tanah bumbu, kabupaten Banjar, Tapin dan lainnya di kalimantan selatan, kalau luar provinsi seperti Kalimantan timur dan Kalimantan utara,”tambahnya.
Menuru Rizwan,selain pembudidaya, benih produksi Balai benih pulau Salak ini dibeli oleh kelompok masyarakat untuk kegiatan restocking.
Baca Juga : Dukung Pencegahan Stunting,Dinas Perikanan Tanbu Tingkatkan Pelatihan Pengolahan Makanan Berbahan Dasar Ikan
Ia menambahakan,untuk tahun ini dari target produksi BBI sebanyak 527.000 ekor,hingga juni 2019 sudah terjual sebanyak 286.000 ekor benih udang yang tersebar ke beberapa wilayah di kalimantan selatan.
” Terakhir kita masih ada pesanan 100.000 ekor benih dari rekan di balai riset untuk memenuhi pesanan dari provìnsi tetangga, terpaksa di tolak karena terhitung juli rehabilitasi hatchery sudah dilaksanakan,”pungkasnya.
Sektor perikanan budidaya di Tanah Bumbu terus mengalami peningkatan, ini terlihat dari terus meningkatnya permintaan benih dari para pembudidaya.
Wtol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here